Kompas.com - 22/06/2020, 09:20 WIB
|

KOMPAS.com - Selama masa pandemi Covid-19 ini, semua sekolah mengadakan pembelajaran daring. Tak terkecuali pada jenjang pendidikan anak usia dini (PAUD).

Kini, peran orang tua semakin besar pada pendidikan anaknya. Karena harus di rumah saja, maka semua kegiatan juga harus dilakukan dari rumah.

Untuk tetap memberikan pendidikan pada anak usia dini, orang tua bisa melakukan beberapa hal. Salah satunya bermain bahasa.

Bermain bahasa pada anak usia dini adalah kegiatan anak yang mengembangkan kemampuan menyimak (mendengarkan), berbicara, membaca, dan menulis dengan cara bermain.

Baca juga: Mendikbud: Ini Ketentuan Sekolah Boleh Dibuka, PAUD Tunggu 5 Bulan Lagi

Lantas apa yang bisa dilakukan pada orang tua dalam bermain bahasa di rumah?

Merangkum akun resmi Instagram Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), ada 3 hal kegiatan bermain bahasa di rumah, yakni:

1. Membaca dengan lantang

Orang tua bisa memilih buku yang sudah dikenal atau menarik minat anak. Barulah kemudian orang tua dapat membaca dengan tantang dengan cara:

Orang tua mengenalkan garis besar cerita secara singkat sebelum membacakan buku.

Membacakan cerita dengan suara dan intonasi yang jelas dengan mimik muka dan gerakan tubuh yang sesuai.

Mengenalkan bagaimana cara memegang dan membuka buku, sebutkan judul buku, pengarang, dan tokoh yang ada di sampul buku.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.