Kompas.com - 24/06/2020, 08:00 WIB
Program studi (prodi) Biologi Fakultas Biologi UGM berhasil meraih posisi pertama versi Quacquarelli Symonds World University Rankings (QS WUR) 2021.  Dok. UGMProgram studi (prodi) Biologi Fakultas Biologi UGM berhasil meraih posisi pertama versi Quacquarelli Symonds World University Rankings (QS WUR) 2021.

KOMPAS.com - Program studi (prodi) Biologi Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada (UGM) berhasil meraih posisi pertama versi Quacquarelli Symonds World University Rankings (QS WUR) 2021.

Catatan tersebut membuat prodi Biologi UGM menjadi prodi Biologi yang terbaik di Indonesia.

"Fakultas Biologi yang mencatatkan diri sebagai program studi/jurusan Biologi terbaik se-Indonesia dalam rumpun Kedokteran dan Ilmu Hayat versi QS WUR 2021," ungkap Dekan Fakultas Biologi UGM, Prof. Budi Setiadi Daryono seperti dikutip dari laman UGM.

Sebelumnya, QS telah mengumumkan hasil pemeringkatan universitas dalam QS WUR 2021 yang menempatkan UGM sebagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia dan peringkat 254 dunia.

Penilaian berdasarkan enam kriteria, yaitu academic reputation, employer reputation, citations per faculty, faculty students-ratio, international faculty, dan international students.

Baca juga: UGM Kampus Terbaik di Indonesia Versi QS WUR 2021, Ini Tanggapan Rektor UGM

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Prof. Budi mengatakan Fakultas Biologi yang merupakan Fakultas Biologi pertama dan tertua di tanah air terus berupaya mempertahankan kualitas dari tahun ke tahun.

Dalam beberapa tahun terakhir pihaknya banyak melakukan pengembangan antara lain dengan memperluas kerja sama internasional dengan ANU ((The Australian National University), Murdoch University, dan CDU (Charles Darwin University) Australia.

Selain itu, juga berhasil menjalin kerja sama dalam pelaksanaan student exchange di UTHM (Universiti Tun Hussein Onn Malaysia), Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM), Yamagata University Japan, dan Gottingen University (Jerman).

“Kita terus berusaha meningkatkan kualitas dan mengembangkan Fakultas Biologi sebagai kampus Biologi terbaik di Indonesia setiap tahunnya, termasuk dengan mengembangkan International Undergraduate Program yang telah direalisasikan tahun lalu” terangnya.

Prof. Budi menyebutkan Fakultas Biologi UGM secara khusus juga menjadi institusi terdepan yang mengelola Konsorsium Biologi Indonesia (KOBI) untuk mengawal isu perlindungan biodiversitas melalui Indonesia Biodiversity Index (IBI) dan pelaksanaan SDGs di Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.