Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/07/2020, 11:50 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Sebagai salah satu Pusat Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya siap menggelar UTBK sebagai syarat mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020.

Tentu, segala persiapan telah dilaksanakan agar ujian bisa digelar dengan lancar. Tak terkecuali kampus negeri tersebut juga tetap menerapkan protokol kesehatan guna menghindari penyebaran Covid-19.

Dr Eng Unggul Wasiwitono, Kepala Sub Direktorat Admisi Direktorat Pendidikan ITS menjelaskan, untuk melayani kurang lebih 6.730 peserta, ITS telah mempersiapkan banyak hal terkait keberlangsungan UTBK.

Baca juga: Calon Mahasiswa, Ini Jadwal Baru UTBK-SBMPTN 2020

Diantaranya, ITS telah melakukan serangkaian persiapan seperti pembekalan Penanggung Jawab Lokasi (PJL), Pengawas, Penanggung Jawab IT, serta admin IT.

"Uji coba pelaksanaan UTBK secara nasional juga telah dilaksanakan dan hasil uji coba di pusat UTBK ITS berjalan lancar," ujarnya seperti dikutip dari laman ITS, Rabu (1/7/2020).

Mengenai pengawas, sebelumnya juga telah dilakukan perekrutan beberapa waktu sebelumnya sesuai aturan yang disyaratkan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Untuk meningkatkan keprofesionalan kinerjanya, mereka juga sudah diberikan pembekalan dan simulasi mengenai kepengawasan dalam UTBK.

Tak hanya mempersiapkan perangkat komputer, ITS juga sudah melakukan persiapan ruangan untuk lokasi ujian. Bahkan ITS telah bekerja sama dengan Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS) dan IT Telkom Surabaya.

"Kerja sama yang dilakukan ini dalam bentuk peminjaman lokasi ujian," jelas Unggul.

Untuk meningkatkan protokol kesehatan saat UTBK, ITS berkoordinasi dengan Polsek Sukolilo dan Gayungan serta Satgas Covid-19 Kota Surabaya. Pihaknya juga menyediakan tenaga medis di tempat ujian.

Ketentuan bagi peserta

Namun, poin penting lainnya ialah untuk menjamin keselamatan dan kesehatan peserta sendiri, peserta harus mengikuti protokol kesehatan, mulai dari:

  • pengukuran suhu
  • mencuci tangan
  • memakai hand sanitizer
  • memakai masker dan face shield
  • menggunakan sarung tangan

Selain itu peserta yang diperkenankan mengikuti ujian hanya peserta yang sehat atau dinyatakan bebas Covid-19.

Sedangkan untuk ketentuan persyaratan rapid test peserta, Unggul masih menunggu keputusan dari tim Satgas Covid-19 Kota Surabaya.

Tidak hanya itu saja, peserta UTBK wajib melaksanakan physical distancing dan tidak berinteraksi dengan peserta lain. Peserta juga dianjurkan untuk melakukan isolasi mandiri mulai 14 hari sebelum pelaksanaan UTBK.

Bagi pengantar peserta UTBK, ITS hanya menganjurkan total pengantar berjumlah dua orang dan hanya bisa menurunkan peserta di drop zone yang telah disediakan ITS, serta pengantar tidak diperkenankan menunggu peserta di dalam kampus.

Harapannya, dengan memegang teguh penerapan protokol kesehatan, UTBK 2020 dapat berjalan lancar sesuai dengan yang diharapkan.

Pelaksanaan UTBK

Tahap I

  • Tanggal: 5-14 Juli 2020
  • Sesi 1: 09.00-11.15
  • Sesi 2: 14.00-16.15

Tahap II

  • Tanggal: 20-29 Juli 2020
  • Sesi 1: 09.00-11.15
  • Sesi 2: 14.00-16.15

Baca juga: 8 Protokol Lengkap Pelaksanaan Tes UTBK-SBMPTN 2020 dari LTMPT, Catat!

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com