UTBK 2020 ITS Siap Digelar, Peserta Wajib Terapkan Protokol Kesehatan

Kompas.com - 03/07/2020, 11:50 WIB
Ruang yang akan digunakan tes UTBK 2020 di ITS Surabaya. DOK.ITSRuang yang akan digunakan tes UTBK 2020 di ITS Surabaya.
|

KOMPAS.com - Sebagai salah satu Pusat Ujian Tulis Berbasis Komputer ( UTBK), Institut Teknologi Sepuluh Nopember ( ITS) Surabaya siap menggelar UTBK sebagai syarat mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SBMPTN) 2020.

Tentu, segala persiapan telah dilaksanakan agar ujian bisa digelar dengan lancar. Tak terkecuali kampus negeri tersebut juga tetap menerapkan protokol kesehatan guna menghindari penyebaran Covid-19.

Dr Eng Unggul Wasiwitono, Kepala Sub Direktorat Admisi Direktorat Pendidikan ITS menjelaskan, untuk melayani kurang lebih 6.730 peserta, ITS telah mempersiapkan banyak hal terkait keberlangsungan UTBK.

Baca juga: Calon Mahasiswa, Ini Jadwal Baru UTBK-SBMPTN 2020

Diantaranya, ITS telah melakukan serangkaian persiapan seperti pembekalan Penanggung Jawab Lokasi (PJL), Pengawas, Penanggung Jawab IT, serta admin IT.

"Uji coba pelaksanaan UTBK secara nasional juga telah dilaksanakan dan hasil uji coba di pusat UTBK ITS berjalan lancar," ujarnya seperti dikutip dari laman ITS, Rabu (1/7/2020).

Mengenai pengawas, sebelumnya juga telah dilakukan perekrutan beberapa waktu sebelumnya sesuai aturan yang disyaratkan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Untuk meningkatkan keprofesionalan kinerjanya, mereka juga sudah diberikan pembekalan dan simulasi mengenai kepengawasan dalam UTBK.

Tak hanya mempersiapkan perangkat komputer, ITS juga sudah melakukan persiapan ruangan untuk lokasi ujian. Bahkan ITS telah bekerja sama dengan Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS) dan IT Telkom Surabaya.

"Kerja sama yang dilakukan ini dalam bentuk peminjaman lokasi ujian," jelas Unggul.

Untuk meningkatkan protokol kesehatan saat UTBK, ITS berkoordinasi dengan Polsek Sukolilo dan Gayungan serta Satgas Covid-19 Kota Surabaya. Pihaknya juga menyediakan tenaga medis di tempat ujian.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X