Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/07/2020, 16:46 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Jauh sebelum pandemi Covid-19 merebak di dunia, kampus ini telah melaksanakan pembelajaran daring atau online.

Sebab, Binus University memiliki program full pembelajaran daring. Tak hanya itu saja, program kuliah reguler juga sudah menerapkan pembelajaran daring sekitar 20-30 persen.

Hal itu disampaikan Stephen Wahyudi Santoso selaku Chief Operating Officer Binus Group pada BINUS Online Meet & Greet with Journalists - "Penyelenggaraan Pendidikan di Era New Normal" via zoom, Jumat (3/7/2020).

Baca juga: Binus Donasi Robot Cerdas Bantu Rumah Sakit Lawan Covid-19

"Sejak Februari 2020, kampus kami telah melaksanakan protokol kesehatan. Yakni semua kampus ada alat pengecek suhu hingga mengingatkan pola hidup bersih dan sehat," ujar Stephen.

Sudah terbiasa pembelajaran daring

Terkait pembelajaran daring sebesar 30 persen tersebut, Stephen memaparkan bahwa Binus sudah terbiasa dengan pembelajaran online.

Maka tak heran jika pandemi Covid-19 merebak di Indonesia dan mengharuskan semua kegiatan dilakukan dari rumah pada pertengahan Maret, Binus sudah siap.

"Sistem kita sudah siap, karena mahasiswa sudah terbiasa. Namun untuk dosen dan karyawan kami beri pelatihan, tentu agar pembelajaran daringnya lebih baik lagi," jelas Stephen.

Acara tersebut ternyata menjadi bagian dari rangkaian HUT ke-39 Binus University, yakni diperingati tepat pada 1 Juli 2020 kemarin.

Dengan HUT ini maka tahun depan Binus akan lustrum ke-8. Sehingga dari 1 Juli 2020 hingga 2021, Binus University mengangkat pesan "Menuju 40th BINUS berkarya".

Binus terus berinovasi

Pada kesempatan tersebut, Prof Dr Ir Harjanto Prabowo MM selaku Rektor Binus University mengatakan bahwa pandemi Covid-19 ini tidak menyurutkan semangat Binus untuk terus berkarya.

"Kami tidak pernah menyerah dengan keadaan ini. Kami juga terus berinovasi dan mencari peluang-peluang agar membuat pendidikan semakin baik lagi," terang Prof Harjanto.

Menurut Rektor Binus, di saat masyarakat berkembang maupun menghadapi situasi pandemi, tetapi pihaknya tetap berupaya agar pendidikan tetap jalan.

"Kami bersyukur karena Binus sudah punya pembelajaran full online. Jadi kami sudah terbiasa dengan pembelajaran ini," katanya.

Informasi terbaru di laman Binus

Sementara Vice President of BINUS Higher Education, George Wijaya Hadipoespito menambahkan, selama pandemi ini di Binus juga ada gugus tugas Covid-19 yang tugasnya memantau karyawan.

Sedangkan bagi mahasiswa, Binus juga membuka laman yang berisi semua informasi terbaru bagi mahasiswa. Dalam artian, Binus siap dalam penanganan pandemi Covid-19.

Baca juga: Binus Salurkan Bantuan Dukung Tenaga Kesehatan Redam Wabah Corona

"Agar karyawan tidak bosan kerja dari rumah, maka kami juga mengadakan olahraga bersama via zoom. Ini sebagai upaya menjaga kebersaman dan tetap bisa fit kerja dari rumah," jelas George.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com