Tutorial Membuat Akuarium Ikan Sederhana Bersama Anak ala Dosen IPB

Kompas.com - 17/07/2020, 16:00 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Memelihara ikan hias dapat menjadi salah satu kegiatan seru bersama anak di akhir pekan.

Anak bisa diajarkan tanggung jawab sederhana dengan cara memelihara ikan, mulai dari memberi makan, membersihkan air secara berkala, serta memastikan ikan dalam kondisi sehat.

Bagi orangtua, melihat ikan berenang di air jernih bisa membuat hati tenang. Ditambah bila wadah pemeliharaan dibuat indah, dapat menjadi hiasan rumah baik di ruang tamu, di ruang keluarga atau meja kerja.

Empat dosen IPB University dari Sekolah Vokasi yaitu Wida Lesmanawati, Giri Maruto Darmawangsa, Dian Eka Ramadhani dan Amalia Putri Firdausi berbagi tips membuat akuarium sederhana sebagai kegiatan seru selama bekerja atau belajar dari rumah.

Baca juga: Pendaftaran Jalur Mandiri IPB Dibuka, Tanpa Syarat Nilai UTBK

Merangkum dari laman IPB University, berikut langkah-langkah membuat akuarium sederhana di rumah:

Membuat akuarium sederhana ala Dosen IPBDok. IPB Membuat akuarium sederhana ala Dosen IPB

1. Siapkan wadah sederhana

Pilihlah wadah di sekitar rumah yang transparan (disarankan berbahan kaca/plastik bening) dan indah ketika dipajang.

Wadah yang dipilih dapat berupa toples kue, gelas, mangkuk tinggi, dan lain-lain. Wadah ini selanjutnya disebut akuarium.

2. Menambahkan aksesori

Aksesori dapat berupa tanaman hidup dengan jenis anubias, kadaka, windelov, atau bisa juga tanaman plastik atau benda-benda hias lainnya.

Substrat dapat ditambahkan ke dalam akuarium. Substrat dapat berupa pasir bali, pasir malang, batu-batu hias atau kelereng.

Baca juga: Pendaftaran KIP Kuliah Jalur Mandiri PTS Dibuka, Ini Link dan Cara Daftar

Gunanya, selain untuk lebih mempercantik akuarium juga dapat membuat air terlihat bening lebih lama.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X