Orangtua, Ketahui Lamanya Konsentrasi Belajar Anak Sesuai Usia

Kompas.com - 21/07/2020, 12:04 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Mendampingi anak belajar dari rumah, bisa menjadi tantangan sendiri bagi orangtua maupun guru.

Efektivitas belajar di rumah tentu tak sama dengan di sekolah, yang mana kondisi kelas dibuat sekondusif mungkin untuk belajar.

Di rumah, orangtua perlu menyiapkan suasana sekaligus melakukan sejumlah persiapan agar anak siap untuk melakukan pembelajaran baik seacara daring (online) maupun luring (offline).

Merangkum dari laman media sosial platform pendidikan Sekolah.mu, ada sejumlah tips bagi orangtua dalam mendampingi anak belajar, salah satunya mengetahui berapa lama anak mampu berkonsentrasi untuk belajar.

Baca juga: Dana KJP Plus Bulan Juli Cair Hari Ini, Berikut Jadwalnya

Mengetahui rentang konsentrasi anak menjadi hal penting agar sesi belajar bisa efektif, sehingga kemungkinan anak bosan karena terlalu lama belajar bisa dihindari.

Sebelum mengetahui rentang konsentrasi, ada sejumlah hal yang perlu lebih dulu diketahui orangtua sebelum memulai sesi belajar, yakni:

1. Perhatikan kesiapan usia anak

Usia dan kesiapan merupakan dua hal yang saling terhubung. Dalam pendampingan belajar, orangtua dinilai perlu beradaptasi sesuai dengan umur anak.

Misalnya, anak remaja cenderung mudah didampingi bila orangtua mengerti bahasa gaul mereka dengan teman-temannya.

Baca juga: Peneliti IPB Temukan Obat Herbal Penurun Asam Urat

2. Kenali dan penuhi kebutuhan anak sesuai sifat bawaannya

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X