Tertarik Kuliah yang Mendalami Indonesia? Berikut 7 Pilihan Prodinya

Kompas.com - 21/08/2020, 11:58 WIB
Kelompok karawitan Jogja Gangsa Nagari yang beranggotakan 44 mahasiswa dari 22 negara tampil menutup pentas gamelan Gebyar Gangsa Agung Prambanan, Minggu (4/12/2016) malam, di Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta. Mereka diharapkan menjadi duta wisata Indonesia saat kembali ke negara masing-masing. KOMPAS/DIMAS WARADITYA NUGRAHAKelompok karawitan Jogja Gangsa Nagari yang beranggotakan 44 mahasiswa dari 22 negara tampil menutup pentas gamelan Gebyar Gangsa Agung Prambanan, Minggu (4/12/2016) malam, di Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta. Mereka diharapkan menjadi duta wisata Indonesia saat kembali ke negara masing-masing.
|

KOMPAS.com - Di Indonesia, ada banyak pilihan Program Studi ( Prodi) bagi mereka yang ingin kuliah. Tapi, khusus yang cinta dengan tanah air Indonesia, ada pilihan prodi atau jurusannya nih.

Apa saja itu? Bagi yang ingin mempelajari Indonesia lebih mendalam, ini pilihan prodinya. Melansir laman Rencanamu.id, Selasa (18/8/2020), ini pilihan prodinya:

1. Sastra Indonesia

Bagi yang cinta nusantara, bisa juga dengan menghargai bahasa dan karya sastranya. Karena Indonesia kaya akan bahasa, tetapi tidak semua orang Indonesia bisa berbahasa Indonesia dengan baik.

Baca juga: Bingung Pilih Jurusan Kuliah? Pahami Dulu 5 Tips Ini

Dari karya sastra Indonesia, kita bisa mengetahui perkembangan pemikiran, budaya serta politik di tengah masyarakat.

2. Sastra Jawa/Sastra Sunda/Sastra Minangkabau

Jika kamu jadi mahasiswa yang melestarikan budaya Indonesia, maka bisa mempelajari bahasa dan sastra daerah. Di UI dan UGM, ada prodi Sastra Jawa.

Sedangkan di UPI dan Unpad ada Sastra Sunda. Untuk Universitas Udayana ada Sastra Bali. Serta di Universitas Andalas ada Sastra Minang.

Tak hanya bahasanya, para mahasiswa juga akan mempelajari kultur masyarakat dan politik daerah tersebut.

3. Ilmu Sejarah

Agar kenal Indonesia lebih dalam lagi, kamu bisa ambil Ilmu Sejarah. Mengenal Indonesia diawali dengan memahami sejarahnya. Apalagi jika kamu ambil peminatan khusus sejarah Indonesia.

Sejarah bukan sebatas kisah perjuangan melawan penjajah, tetapi juga perkembangan budaya dan kehidupan masyarakat. Orang yang mempelajari sejarah Indonesia, bisa membagikan pengetahuannya kepada orang lain.

Hal ini sangat penting karena untuk mengenalkan Indonesia pada generasi muda, baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X