Bingung Pilih Jurusan Kuliah? Pahami Dulu 5 Tips Ini

Kompas.com - 19/08/2020, 15:03 WIB
Mahasiswa Fisip UPN Veteran Yogyakarta saat belajar di kampus. KOMPAS.com/ALBERTUS ADITMahasiswa Fisip UPN Veteran Yogyakarta saat belajar di kampus.
|

KOMPAS.com - Memilih jurusan kuliah tidak boleh sembarangan. Sebab, jurusan itu harus sesuai dengan minat dan bakatmu. Tak hanya itu saja, ketika lulus kuliah kamu juga harus memikirkan mau bekerja apa.

Jadi, saat ini kamu jangan hanya ikut-ikutan teman saja untuk kuliah di kampus atau jurusan tertentu. Tetapi, pilihan semua ada padamu.

Jika kamu masih bingung mau ambil jurusan apa, maka berikut ini ada tips memilih jurusan kuliah yang tepat buat kamu. Adapun informasi dilansir dari laman Universitas Pasundan (Unpas).

Baca juga: 7 Jurusan Kuliah Terbaik dan Prospek Kerja bagi Anak IPA

1. Kenali hasratmu

Untuk modal utama ialah passion atau hasrat. Jika kamu memiliki kemampuan di bidang Sains, tapi ternyata minat dan keinginan berada di jurusan lain.

Misalnya kamu memang menyukai sastra. Karenanya, kamu bisa mengambil jurusan yang agak berseberangan dengan kemampuan. Namun, satu hal yang perlu diingat adalah passion yang dimiliki harus benar-benar kuat, bahkan menjadi salah satu hobi.

Kalau passion sudah mengalahkan segalanya, belajar pun juga akan berjalan dengan penuh kegembiraan. Artinya, kamu akan enjoy kuliah di jurusan tersebut.

2. Pahami potensi diri

Sebelum memutuskan untuk mengambil jurusan tertentu dan berjuang untuk masuk ke sana, lebih baik kamu kenali dulu potensi diri yang ada di dalam dirimu.

Contohnya kamu punya potensi di bidang Sains dan Matematika, tentu jurusan yang ada hubungannya dengan hal ini lebih didahulukan. Misalnya saja jurusan Statistika atau Pendidikan Dokter.

Namun sebaliknya, kalau kamu memiliki potensi di bidang Bahasa Asing dan Sastra, Jurusan Sastra Inggris atau bahasa lain bisa diambil sesuai dengan kemampuan.

Beberapa orang mungkin bisa dengan mudah mengambil jurusan dari IPA dan IPS. Namun, alangkah lebih baik kalau jurusan yang diambil didasari dari kemampuan diri sendiri. Dengan begitu aktivitas kuliah yang nantinya akan diambil tidak memberatkan.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X