Kompas.com - 25/08/2020, 11:49 WIB

KOMPAS.com - Membantu siswa dari keluarga prasejahtera untuk bisa setara mengakses pembelajaran daring, Yayasan Jendela Kemanusiaan Lestari (JKL) yang didirikan Alumni IPB University angkatan 31 berkolaborasi dengan instansi pemerintah dan swasta wujudkan program Kampoeng Merdeka Belajar (MerBel), Minggu (16/8/2020).

Kampoeng MerBel merupakan salah satu program di bidang pendidikan yang digagas oleh Yayasan JKL dengan proyek pertama di Kampung Kebun Manggis RW 4, Kelurahan Paledang, Kecamatan Bogor Tengah

Kampung Kebun Manggis dinilai mewakili kampung prasejahtera, yang mana hanya bisa diakses oleh kendaraan roda dua dan memiliki fasilitas bale warga sebagai tempat anak didik belajar.

Baca juga: Dana KJP Plus Bulan Agustus Cair Hari Ini, Berikut Jadwalnya

Dari jumlah sekitar 378 Kepala Keluarga, rata-rata warganya masuk kategori prasejahtera, yang kekurangan secara ekonomi terlebih di masa pandemi.

Kondisi itulah yang membuat siswa-siswi Kampung Kebun Manggis mengalami keterbatasan selama Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Kolaborasi Yayasan JKL dengan para donatur tersebut diwujudkan dengan penyerahan 25 laptop layak pakai yang terdiri dari 10 Unit laptop untuk Kampoeng MerBel dan 15 Unit untuk siswa-siswi prasejahtera, serta beasiswa untuk anak yatim Komunitas 31 dan siswa-siswi prasejahtera.

Selain itu, kerja sama juga dilakukan dengan Perum Bulog dalam penyaluran 200 paket sembako kepada masyarakat yang terdampak Covid-19 dan donasi 1.000 masker dari PT Zoom Infotek Telesindo.

Baca juga: Peneliti IPB Temukan Obat Herbal Penurun Asam Urat

“Ucapan terima kasih kami sampaikan kepada Yayasan JKL atas ikhtiar yang dilakukan dalam menggagas program donasi, yang memudahkan warga mendapatkan akses dan bantuan untuk pembelajaran jarak jauh," ujar Walikota Bogor Bima Arya dalam sambutannya, seperti dirangkum dari laman IPB.

Melalui momentum HUT Ke-75 Kemerdekaan RI ini, lanjut Bima, kita pastikan anak-anak bisa memperoleh akses yang setara agar bisa mencapai cita-citanya.

Dalam kesempatan berbeda, Rektor IPB University Prof Arief Satria menyampaikan ucapan selamat atas kiprah para Alumni IPB University angkatan 31 atas berdirinya Yayasan JKL yang memberi perhatian dan kepedulian terhadap mahasiswa dan kampus IPB University.

"Semoga dilancarkan rezeki sehat selalu dan barokah," ujarnya.

Baca juga: Cara Ampuh Usir Tikus di Rumah ala Ahli Tikus IPB

Peluncuran Kampoeng Merdeka Belajar (Kampoeng MerBel) ini sekaligus dengan peluncuran Yayasan JKL.

Ke depan, Yayasan JKL akan berupaya menjembatani masyarakat dengan stakeholders di bidang pendidikan, ekonomi dan lingkungan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.