Kompas.com - 25/08/2020, 09:37 WIB
Ilustrasi ayah dan anak shutterstockIlustrasi ayah dan anak
|

KOMPAS.com - Anak usia dini harus mendapatkan kasih sayang dari orang tuanya. Tak hanya dari ibu saja, tetapi kehadiran seorang ayah sangat diperlukan bagi anak.

"Jadi kalau ayahnya masih hidup, hadirlah sebagai bapak yang dapat menjadi role model," ujar Fauzil Adhim, seorang ustadz dan juga pegiat dan penulis buku-buku parenting, dalam webinar Kelas Orang tua Berbagi: Rumahku Sekolahku episode ke-6 yang digelar Direktorat PAUD Kemendikbud, Sabtu (7/8/2020).

Seorang ayah juga harus memiliki telinga untuk anak dan meluangkan waktu agar mengarahkan secara sadar tentang prinsip hidup.

Baca juga: Berikut Tips Membangun Keterampilan Sosial pada Anak Usia Dini

Karena itu, Fauzil mengajak para ayah untuk memberikan yang terbaik pada anak-anaknya selama hidup dan bukan memberikan warisan saat meninggal.

"Jangan sampai anak-anak kita serasa berada di panti asuhan, padahal di rumahnya sendiri," kata Fauzil seperti dikutip dari laman resmi Direktorat PAUD Kemendikbud.

Menurut Fauzil, yang dapat diberikan seorang ayah pada anaknya adalah memberikan ibu terbaik untuk anak dengan menciptakan suasana perasaan yang baik, yakni:

  • Memberikan ibu yang baik dan penuh perhatian.
  • Memberi pendidikan yang baik secara langsung.
  • Melimpahi anak dengan kasih sayang dan kelembutan.
  • Menanamkan adab yang baik.
  • Memberikan pendidikan yang baik, Artinya terjun dan meluangkan waktu untuk anak.
  • Melimpahi anak dengan kasih sayang dan kelembutan.
  • Mengenalkan adab bagi anak.

Agar anak-anak dekat dengan ayahnya seperti halnya mereka dekat dengan ibunya, maka kuncinya ialah ada pada tahun-tahun pertama kelahiran anak, atau ketika anak berusia 0-6 tahun.

Untuk itulah pada tahun-tahun awal usia anak, kehadiran ayah sama pentingnya dengan kehadiran ibu. Jadi, keterlibatan ayah secara psikologis sangat penting, bukan sekedar membantu istrinya dalam proses pengasuhan saja.

Peran ayah bagi anak perempuan, yakni:

1. Penerimaan diri

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X