Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/08/2020, 12:16 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Guna menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) kompeten bidang infrastruktur, BPSDM Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama lima Perguruan Tinggi Negeri (PTN) selenggarakan program Master Super Spesialis.

Dalam program Magister Super Spesialis bidang infrastruktur, Kementerian PUPR menggandeng Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Bandung, Universitas Diponegoro, Universitas Brawijaya dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Nizam mengatakan, pembangunan infrastruktur membutuhkan sumber daya manusia dengan kompetensi dan spesifikasi tertentu.

Oleh karena itu, kata dia, perguruan tinggi memiliki peran vital dalam menyiapkan sumber daya manusia yang dibutuhkan dalam pembangunan infrastruktur.

Baca juga: Beasiswa S1 Tanoto Foundation, dari Biaya Kuliah hingga Tunjangan Bulanan

“Apresiasi kepada Menteri PUPR yang telah menginisiasi dan menginspirasi suatu program yang berkaitan erat dengan pembangunan infrastruktur,” ujar Nizam seperti dilansir dari laman Kemendikbud, Rabu (26/5/2020).

Lebih lanjut dijelaskan, pembentukan SDM dengan kompetensi dan spesifikasi khusus dalam pembangunan infrastruktur, terdapat dua aspek yang perlu diperhatikan, yaitu aspek spesialis dan aspek generalis.

Selain memahami ilmu-ilmu teknis, lanjut Nizam, para insinyur juga dituntut untuk memiliki pemahaman terkait budaya, sosiologi maupun antropologi masyarakat sehingga dapat melakukan pendekatan-pendekatan dengan masyarakat yang menjadi sasaran pembangunan.

“Dua aspek ini harus dikuasai oleh para insinyur kita. Di satu sisi membutuhkan kemampuan yang lebih luas. Di sisi lain terkait keilmuan, dibutuhkan kecakapan-kecakapan yang spesifik,” jelas Nizam.

Baca juga: Kemendikbud: Daftar 15 PTN yang Masuk Klaster 1 Perguruan Tinggi

Nizam berharap para karyasiswa program super spesialis dapat dengan tekun menuntaskan dan mengaplikasikan ilmu dan keahlian yang diperoleh untuk kelancaran pembangunan infrastruktur nasional.

Sementara itu, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menguraikan bahwa program Magister Super Spesialis merupakan salah satu upaya dalam memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembangunan infrastruktur di Indonesia.

Ia berharap program ini dapat mencetak tenaga super spesialis berdasarkan problem pembangunan infrastruktur.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com