Kompas.com - 01/09/2020, 11:51 WIB
Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 9 Bandung memberikan bantuan kuota dan peminjaman tablet kepada siswa secara simbolis di Aula SMAN 9 Bandung, Jln. Suparmin No. 1A, Kota Bandung, Senin (31/8/2020). Dok. Disdik JabarSekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 9 Bandung memberikan bantuan kuota dan peminjaman tablet kepada siswa secara simbolis di Aula SMAN 9 Bandung, Jln. Suparmin No. 1A, Kota Bandung, Senin (31/8/2020).

KOMPAS.com - Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 9 Bandung memberikan bantuan kuota dan peminjaman tablet kepada 150 siswa kurang mampu agar pelaksanaan pembelajaran jarak jauh (PJJ) dari rumah berjalan optimal.

Salah seorang siswa, Fajar M Ikshan, mengaku sangat terbantu dengan adanya bantuan tersebut. Sebab, gawai yang ia miliki tidak memiliki fitur yang menunjang PJJ.

"Karena, HP-nya suka ngelag (lambat) dan spesifikasi handphone-nya pun kurang," ungkap siswa kelas XI tersebut, seperti dilansir laman Disdik Jabar.

Kepala SMAN 9 Bandung Suparman mengatakan, bantuan kuota dan peminjaman tablet ini merupakan komitmen sekolah untuk mengoptimalkan pembelajaran dari rumah agar berjalan efektif dan efisien.

Baca juga: Pendaftaran Kuota Gratis dari Kemendikbud Diperpanjang, Ini Caranya

Pihaknya, lanjut dia, akan terus memperhatikan keluhan-keluhan yang disampaikan oleh siswa dan orang tua.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Peminjaman tablet kepada siswa itu dilakukan secara simbolis di Aula SMAN 9 Bandung, Kota Bandung, Senin (31/8/2020).

"Atas rekomendasi program Kadisdik dan didukung Kacadisdikwil VII, alhamdulillah kami telah membagikan kuota internet untuk 150 peserta. Dengan total 150.000 per siswa yang sumber anggarannya berasal dari BOPD Provinsi Jabar," ungkapnya.

Sedangkan pengadaan gawai berupa tablet, Suparman menjelaskan, aset tersebut merupakan hasil bantuan BOS kinerja yang didapatkan sekolah pada tahun anggaran 2019.

Baca juga: Nadiem Izinkan Dana BOS Dipakai Beli Kuota Internet Siswa dan Guru

Jika sebelumnya tablet tersebut hanya digunakan saat pelaksanaan ujian, kata dia, saat ini bisa dimanfaatkan oleh siswa yang memiliki keterbatasan ekonomi.

Pengadaan gawai dari Dana BOS Kinerja

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jawa Barat (Jabar) Dedi Supandi memaparkan, penyediaan kuota dan gawai yang mendukung proses pembelajaran menjadi dua persoalan PJJ.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.