15 Tips Praktis Orangtua Dampingi Anak Bermain di Rumah

Kompas.com - 03/09/2020, 05:11 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
|

KOMPAS.com - Bagi anak usia dini, bermain merupakan kebutuhan dasar. Sebab, anak masih memiliki rasa ingin tahu yang tinggi.

Di manapun, dalam kondisi apa pun, anak pasti akan berusaha mencari sesuatu untuk dapat dijadikan mainan. Dengan bermain, anak akan merasa riang dan santai.

Tapi, bagaimana jika dalam masa pandemi Covid-19 ini? Apakah anak bisa bebas bermain? Jika anak masih betah di rumah, maka harus terus diberikan ruang yang luas untuk bermain.

Bagi orang tua, maka harus paham bagaimana memberikan ruang bermain pada anaknya. Sekaligus harus mendampinginya dengan baik.

Baca juga: Orangtua, Simak Bentuk Pendampingan Pada Anak di Masa Sulit Ini

Merangkum dari modul pembelajaran jenjang PAUD yang dikeluarkan oleh Direktorat PAUD Kementerian Pendidikan dan kebudayaan ( Kemendikbud), berikut ini tips praktis bagi orangtua bermain dengan anak:

1. Bermain hendaknya disesuaikan dengan kemampuan anak.

2. Alat main harus aman bagi anak dan hindari benda mudah pecah/tajam dan beracun.

3. Kegiatan yang akan dilakukan serta alat dan bahannya dapat disesuaikan dengan lingkungan rumah masing-masing.

4. Meletakkan alat main di tempat yang mudah dijangkau. Jika benda-benda diletakkan dalam jangkauan anak, rumah telah memberikan pesan "Aku bisa melakukannya sendiri".

5. Menciptakan suasana bermain yang menyenangkan bersama anak di rumah.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X