Begini 5 Cara Aman Bersepeda Saat Pandemi dari Pakar UGM

Kompas.com - 06/09/2020, 15:28 WIB
Dua pesepeda tetap mengenakan masker saat bersepeda dalam masa pandemi Covid-19. KOMPAS.com/ALBERTUS ADITDua pesepeda tetap mengenakan masker saat bersepeda dalam masa pandemi Covid-19.
|

KOMPAS.com - Saat akhir pekan, banyak kegiatan yang dapat dilakukan seseorang. Agar tak bosan di rumah terus, seseorang bisa rekreasi ke luar rumah tetapi menyehatkan.

Salah satu caranya ialah berolahraga. Jika kamu punya sepeda di rumah, tak salah kalau kamu meluangkan waktu sejenak di akhir pekan untuk bersepeda.

Tentu, ada banyak manfaat dari olahraga fisik ini, yakni untuk menjaga kesehatan, kebugaran, dan sistem imun tubuh.

" Bersepeda di luar rumah itu sifatnya rekreasi, menimbulkan rasa gembira sehingga bisa meningkatkan kekebalan tubuh," ujar Pakar Kedokteran Olahraga, Dosen FKKMK UGM , Dr. dr. H. Zaenal Muttaqin Sofro,. AIFM., seperti dikutip dari laman UGM.

Baca juga: Akademisi UGM: Pakai Masker Saat Olahraga Aman bagi Fungsi Pernapasan

Namun, agar bersepeda di luar rumah tetap aman dari paparan Covid-19, masyarakat diimbau untuk tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah.

Cara aman bersepeda

Tapi, bagaimana bersepeda yang baik dan aman? Saat bersepeda, masyarakat diharapkan:

1. Tetap memakai masker

2. Bersepeda dengan intensitas ringan

Sebab saat olahraga dilakukan dengan intensitas berat, pasokan oksigen dalam tubuh menurun ditambah penggunaan masker mengurangi masuknya oksigen ke paru-paru.

Olahraga dengan intensitas berat yang berkelanjutan ini dapat menimbulkan terjadinya hypoxia atau kekurangan oksigen jaringan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X