Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bingung Melangkah Usai Lulus SMK? Ini 6 Peluang buat Kamu

Kompas.com - 09/09/2020, 12:28 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Jika kamu lulusan SMK dan masih bingung untuk melangkah ke mana, coba pikirkan terlebih dahulu dengan baik. Langkah apa yang tepat.

Apakah mau bekerja, atau melanjutkan kuliah, atau malah membuka suatu usaha. Semua menjadi pilihanmu yang harus segera diputuskan agar tidak menjadi pengangguran.

Melansir laman Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), ini adalah peluang untukmu.

Baca juga: Ingin Kuliah PTN? UPN Jogja Masih Buka Pendaftaran SM Program Diploma

1. Kerja jadi pegawai swasta

Jika kamu ingin bekerja, pilihan pertama ialah menjadi karyawan atau pegawai swasta. Bekerja sebagai pegawai swasta tentunya sedikit berbeda dengan pekerjaan sebagai pegawai negeri maupun pekerjaan lainnya.

Ada banyak kelebihannya:

Gaji lebih besar

Berbeda dengan pegawai negeri yang sistem gajinya sudah di atur oleh Pemerintah, menjadi pegawai swasta kalian bebas bernegosiasi gaji sesuai dengan kinerja dan kemampuan yang dimiliki.

Kalian bahkan bisa memiliki gaji 3X lebih besar dibandingkan dengan pegawai negeri meskipun sama-sama masih fresh graduate.

Mudah mengembangkan diri

Kebijakan perusahaan dalam mengumpulkan keuntungan yang sebesar-besarnya ini maka akan memberikan kebebasan kepada pegawainya untuk berkarya dan meningkatkan skill atau kemampuannya untuk mencapai suatu target.

Cepat Naik Pangkat

Di Pegawai swasta jenjang karir mungkin berbeda-beda tiap perusahaan dan bidang pekerjaan, tapi jika seorang pegawai swasta mampu memberikan kinerja yang positif dan progresif, biasanya akan dipromosikan ke jabatan yang lebih tinggi.

2. Mendirikan usaha milik sendiri

Jika tak ingin kerja jadi pegawai swasta, lulusan SMK juga dapat mendirikan sebuah usaha sendiri. Usaha milik sendiri ini dapat di bagi menjadi 2 yaitu usaha secara digital atau online (freelance) dan mendirikan perusahaan secara onsite.

Tentunya masing-masing dari kedua opsi tersebut juga memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Siswa lulusan SMK dapat menentukan opsi yang lebih tepat untuk dirinya dengan melihat peluang dan kemampuannya.

3. Kerja freelance

Kerja sebagai freelance merupakan salah satu opsi yang dapat lulusan SMK pilih sebagai penghasil pundi-pundi uang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com