Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Calon Mahasiswa, Ini 6 "Soft Skill" yang Wajib Dikuasai Saat Kuliah

Kompas.com - 23/08/2020, 17:00 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Meski saat sekolah dan kuliah kamu sama-sama menuntut ilmu, namun situasi belajar di kampus nyatanya sangat berbeda dengan di sekolah.

Di sekolah, kamu mungkin lebih sering mengerjakan tugas secara mandiri, namun di kampus, kamu akan mengerjakan banyak proyek dalam kelompok.

Di kampus, tugas-tugas lebih banyak dieksekusi melalui praktik lapangan, berbeda dengan sekolah yang tugas-tugasnya lebih banyak dikerjakan di ruang kelas.

Merangkum Sekolah.mu, sgar kuliah menjadi lebih lancar, kamu dituntut untuk mandiri, aktif, dan kreatif dan perlu menguasai sejumlah "soft skill."

Baca juga: Ganjar Pranowo Berbagi Kisah Saat Menjadi Mahasiswa dan Terjun ke Politik

Soft skill itu pula yang kemudian akan membuat kamu lebih cepat beradaptasi saat memasuki dunia kerja nanti.

Berikut 6 (enam) soft skill yang perlu dikuasai agar perkuliahan menjadi lebih lancar:

1. Komunikasi

Di kampus, kamu akan sering berkomunikasi dengan teman dan dosen mengenai mata kuliah hingga diskusi ilmiah. Namun, kemampuan komunikasi yang perlu kamu kuasai tak sekadar pandai bicara.

Kemampuan komunikasi juga mencakup kemampuan mendengarkan pendapat orang lain, mengutarakan ide dan mengolaborasikannya, berkomunikasi dalam tulisan, hingga kemampuan berbicara di depan banyak orang melalui presentasi.

Baca juga: 10 Prodi Saintek dan Soshum dengan Nilai UTBK Tertinggi di SBMPTN 2020

Kemampuan ini memang akan terasah seiring berjalannya waktu, namun belajar menguasai metode komunikasi efektif yang kekinian, akan membuat kamu lebih "matang" menjalani perkuliahan.

2. Bekerja sama

Bekerja sama bukan hanya sekadar mengerjakan tugas bersama-sama. Melainkan sebuah skill yang perlu kamu terapkan dalam berbagai bidang.

Kemampuan bekerja sama memiliki arti mampu menerima pendapat yang berbeda dari pendapat diri sendiri, berdiskusi untuk menentukan sesuatu, hingga berkolaborasi untuk mencapai solusi.

Kemampuan ini akan membuat kamu tak hanya mudah beradaptasi dengan lingkungan baru, namun juga membuat kamu mampu berkontribusi sesuai dengan kemampuan.

Baca juga: Jadwal dan Cara Daftar KIP Kuliah Jalur Mandiri PTN dan PTS 2020

3. Adaptasi

Kemampuan komunikasi dan bekerja sama akan membuat kamu lebih mudah menguasai kemampuan beradaptasi.

Memiliki tingkat adaptasi yang lebih cepat akan membuat kamu merasa nyaman dengan beragam situasi sehingga mampu mengutarakan kemampuan terbaik.

Meski begitu, tak semua orang memiliki kecepatan adaptasi yang sama. Sehingga kamu perlu memberikan waktu pada diri sendiri maupun orang lain bila memang membutuhkan waktu sedikit lebih lama untuk menyatu dengan lingkungan baru.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com