Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/09/2020, 08:46 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Dalam masa pandemi Covid-19, semua aktivitas lebih banyak dilakukan di rumah. Tak terkecuali menuntut ilmu pendidikan bagi siswa maupun mahasiswa.

Khusus bagi mahasiswa baru yang berada di wilayah DKI Jakarta, berikut ini ada info menarik bagi kamu. Yakni beasiswa di tahun akademik 2020/2021 ini.

Melansir laman Yayasan Beasiswa Jakarta (YBJ), Senin (14/9/2020), simak infonya baik-baik.

Baca juga: Mahasiswa Baru, Lakukan Ini agar Percaya Diri Saat Kuliah

Dalam rangka pelaksanaan program Yayasan Beasiswa Jakarta Tahun 2020 pendaftaran untuk mahasiswa baru, dengan ini diumumkan bahwa:

1. Bagi mahasiswa/mahasiswi tingkat Perguruan Tinggi dapat mengajukan permohonan sebagai calon penerima beasiswa rekrutmen baru Tahun Akademik 2020/2021.

2. Pendaftaran akan di mulai lagi sampai dengan 30 September 2020.

3. Pendaftaran diajukan melalui pendaftaran online yang dapat diakses melalui website Yayasan Beasiswa Jakarta di www.beasiswajakarta.com.

Cara daftar

1. Melakukan registrasi

2. Log in dengan username dan password yang sudah didaftarkan

3. Pilih program yang diambil

4. Pengisian formulir

5. Cetak formulir yang akan dikirimkan ke Sekretariat Yayasan Beasiswa Jakarta dengan dilampirkan berkas sesuai persyaratan.

Persyaratan

Jika setelah ditetapkan sebagai penerima beasiswa, maka kamu harus memenuhi persyaratan atau melampirkan berikut ini:

  1. Mengajukan surat permohonan yang ditujukan kepada Ketua Umum Yayasan Beasiswa Jakarta.
  2. Bertempat tinggal di DKI Jakarta dan kuliah di DKI Jakarta (dibawah koordinator Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah Jakarta III, untuk Perguruan Tinggi Fakultas Agama Islam dibawah koordinator Kopertais (Koordinator Perguruan Tinggi Agama Islam Wilayah I).
  3. Umur maksimum 25 tahun pada tanggal pengajuan permohonan.
  4. IPK minimum 3.00
  5. Surat keterangan tidak mampu dari kelurahan.
  6. Berkelakuan baik, aktif kuliah dan tidak sedang menerima beasiswa dari instansi/lembaga lain yang dinyatakan dengan surat keterangan dari Pejabat Berwenang di Perguruan Tinggi.
  7. Melampirkan foto kopi Kartu Tanda Mahasiswa, Kartu Tanda Penduduk, dan Kartu Keluarga.
  8. Usulan permohonan beasiswa untuk mahasiswa program S1 adalah di akhir semester 2, akhir semester 4, dan di akhir semester 6 setiap tahunnya pada pembukaan pendaftaran tahun ajaran baru (semester berlaku sesuai tahun masuk, cuti tetap dihitung semester berjalan).
  9. Usulan permohonan beasiswa untuk mahasiswa program D3 adalah di akhir semester 2 dan akhir semester 4, setiap tahunnya pada pembukaan pendaftaran tahun ajaran baru (semester berlaku sesuai tahun masuk, cuti tetap dihitung semester berjalan).

Penerima yang memenuhi syarat akan diumumkan di Website www.beasiswajakarta.com untuk kemudian di verifikasi data sesuai Lampiran pada formulir pendaftaran.

Adapun respon Admin pada Pelayanan Beasiswa secara Online pada Hari Kerja Senin sampai Jumat, mulai pukul 08.00 sd 16.00 WIB.

Misi YBJ

1. Menyelenggarakan layanan pemberian beasiswa pendidikan untuk peserta didik dan mahasiswa yang berprestasi dari keluarga kurang mampu, khusus bagi warga DKI Jakarta yang sekolah/kuliah di Jakarta.

Baca juga: Ini Alasan Kapten Tim Academy Liga Italia Kuliah di Undip

2. Menjadi inisiator terbentuknya jejaringan kerja (networking) diantar lembaga penyelenggaraan beasiswa di DKI Jakarta.

Menumbuh kembangkan kesadaran masyarakat untuk peduli di bidang pendidikan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com