Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa Baru, Lakukan Ini agar Percaya Diri Saat Kuliah

Kompas.com - 11/09/2020, 13:17 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Menjadi mahasiswa adalah kesempatan yang tak bisa dilewatkan. Sebab, masih banyak orang lulusan SMA atau SLTA tidak bisa melanjutkan kuliah.

Bagi para mahasiswa baru, dunia kuliah tentu berbeda dengan dunia sekolah. Rasa percaya diri lah yang bisa membantu kamu menjalani perkuliahan dengan maksimal.

Tapi, bagaimana caranya agar seorang mahasiswa baru bisa percaya diri? Salah satu kunci agar percaya diri adalah dengan mengetahui apa keunikan diri kamu.

Baca juga: Calon Sarjana Olahraga, Ini Peluang dan Tantangan Lulus Kuliah Nanti

Melansir akun resmi Instagram Rencanamu.id, Kamis (10/9/2020), dijelaskan cara agar mahasiswa baru bisa merasa percaya diri.

Salah satu caranya ialah perbanyak eksplorasi dan kembangkan terus kelebihan kamu agar semakin pede dalam menjalani berbagai aktivitas.

Maka dari itu, penting sekali untuk memilih kampus di mana kamu bisa mendapat beragam kesempatan dalam mengembangkan diri.

Cara agar kamu lebih percaya diri di dunia kuliah:

1. Berpikir positif

Coba ubah sudut pandang saat melihat sesuatu. Daripada berpikir "Ah aku enggak akan bisa", coba ganti dengan "Walaupun susah, aku bisa menghadapinya".

2. Jangan bandingkan diri dengan orang lain

Setiap orang tentu unik. Jadi perbanyak eksplorasi diri di dunia kuliah dengan ikutan beragam kegiatan kampus atau coba terjun langsung ke dunia profesional.

Disamping itu, nanti kamu juga harus bisa mengembangkan diri melalui program magang, riset dan pengembangan masyarakat.

3. Ekspresikan dirimu

Kamu sebagai seorang mahasiswa harus bisa menunjukkan gaya, karya, dan ekspresikan diri kamu. Tunjukkan apa yang kamu miliki dan berbeda dengan orang lain.

Baca juga: Tertarik Kuliah yang Mendalami Indonesia? Berikut 7 Pilihan Prodinya

4. Selalu bersyukur

Coba buat jurnal mengenai hal-hal yang kamu syukuri setiap hari. Lakukan apa yang dapat membuat kamu senang.

Jika kamu merasa senang tentu akan membuat pikiran menjadi positif dan kamu bisa merasa bersyukur pula akan apa yang kamu terima setiap harinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com