Filosofi Ki Hajar Dewantara Dipengaruhi 3 Tokoh Dunia

Kompas.com - 19/09/2020, 09:14 WIB
Ilustrasi Ki Hajar Dewantara Kompas/Toto SIlustrasi Ki Hajar Dewantara
|

KOMPAS.com - Siapa tak kenal Ki Hajar Dewantara. Pasti semuanya kenal tokoh pendidikan yang juga bapak pendidikan nasional Indonesia.

Ternyata, Ki Hajar Dewantara merupakan sosok kaliber dunia. Hal itu karena ada beberapa tokoh pendidikan dunia yang pernah berkunjung ke Taman Siswa Yogyakarta.

Dari tokoh-tokoh dunia itu mempengaruhi filosofi Ki Hajar Dewantara. Mereka adalah:

  1. Friedrich Frobel
  2. Maria Montessori
  3. Rabindranath Tagore

"Kita lihat dari sejarahnya Ki Hajar ini dipengaruhi ketika belajar ilmu pendidikan di Belanda oleh dua tokoh besar," ujar Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan ( Dirjen GTK) Iwan Syahril seperti dikutip dari laman Ditjen GTK Kemendikbud, Selasa (15/9/2020).

Baca juga: Siswa, Simak Perjalanan Kurikulum di Indonesia

Menurut Iwan, Friedrich Frobel yaitu pendiri taman kanak-kanak, pedagogik dari Jerman. Sedangkan Maria Montessori yaitu ahli pendidikan dari Italia.

Kemudian di tulisan-tulisan Ki Hajar setelah pulang dari Belanda itu terpengaruh pemikiran-pemikiran Rabindranath Tagore.

Tagore ini adalah peraih nobel sastra di luar Eropa yang pertama. "Jadi luar biasa cerdasnya dan tokoh dunia sekali. Dia dari India. Dan ini mewarnai cara Ki Hajar melihat pendidikan," tambah Iwan Syahril.

Dua tokoh pernah ke Taman Siswa Yogya

Dijelaskan, rekognisi tokoh-tokoh yang mengilhami Ki Hajar ternyata timbal balik, mutual, tidak hanya Ki Hajar yang respek kepada mereka, pada Montessori atau Tagore, tapi Montessori dan Tagore juga respek dengan Ki Hajar.

Rekognisi ini tampak dari kunjungan langsung Tagore dan Montessori ke Taman Siswa Yogyakarta.

Tagore mengunjungi Taman Siswa atau pergi secara fisik ke Taman Siswa Yogyakarta pada tahun 1927. Untuk melakukan perjalanan keliling dunia pada saat itu bukanlah hal yang mudah, itu hal yang luar biasa sulitnya dan luar biasa lamanya.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X