Info Disdik Jabar: 7 Hal Mengikis Kecemasan Saat Pandemi

Kompas.com - 21/09/2020, 12:55 WIB
ilustrasi masker medis cegah virus corona shutterstockilustrasi masker medis cegah virus corona
|

KOMPAS.com - Sampai saat ini, ancaman virus Covid-19 masih ada di mana-mana. Bahkan setiap hari jumlah pasien terus meningkat sampai ribuan.

Tentu hal ini membuat rasa cemas yang berlebihan bagi masyarakat. Sebab, makhluk kecil tersebut sebenarnya tidak tampak, tetapi ada dan sangat membahayakan.

Hingga menyebabkan kecemasan bagi masyarakat, terutama bagi insan pendidikan. Tak heran jika kegiatan belajar mengajar dilakukan dari rumah.

Baca juga: Kiat Jadi Pengusaha Tangguh Saat Pandemi dari Akademisi UM

Munculnya kecemasan yang berlebihan akibat pandemi Covid-19 ini sangat memengaruhi kesehatan mental seseorang, sehingga timbul rasa putus asa atau psikosomatik (penyakit yang diakibatkan gangguan psikis).

Dampak pandemi

Merangkum laman Dinas Pendidikan ( Disdik) Provinsi Jawa Barat, Senin (21/9/2020), berikut ini dampak yang dirasakan seseorang ialah:

  • Imun tubuh jadi menurun
  • Insomnia (susah tidur)
  • Pikiran menjadi tidak rasional
  • Muncul ketakutan luar biasa

Misalnya, jika tenggorokan gatal, batuk-batuk, badan merasa pegal atau sedikit diare, kita pasti berpikir, "Jangan-jangan ini gejala corona".

7 hal yang harus dilakukan

Untuk mengikis rasa cemas berlebihan tersebut, maka perlu melakukan beberapa hal, yakni:

1. Berserah diri kepada Allah SWT dengan terus berdoa agar terhindar dari Covid-19.

2. Supaya hati tetap tenang dan tidak stres, beranikan diri untuk melakukan tes, minimal rapid test. Jika sudah melakukan rapid test dan tahu hasilnya, hati pun merasa lega dan tenang, namun tetap waspada dan berhati-hati.

3. Menjaga protokol kesehatan, di antaranya selalu memakai masker jika bepergian, cuci tangan memakai sabun, menggunakan hand sanitizer, dan jaga jarak.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X