Terima 1.405 Mahasiswa Baru, Universitas Pertamina Siap Bekali HOTS

Kompas.com - 24/09/2020, 07:50 WIB
Terima 1.405 Mahasiswa Baru, Universitas Pertamina Siap Bekali HOTS Dok. Universitas PertaminaTerima 1.405 Mahasiswa Baru, Universitas Pertamina Siap Bekali HOTS

KOMPAS.com - McKinsey Global Institute dalam laporan yang diterbitkan pada Desember 2017 memperkirakan bahwa akan ada 400-800 juta orang di dunia yang akan kehilangan pekerjaan karena digantikan oleh otomasi (automation) hingga tahun 2030.

Untuk dapat menjadi lulusan yang bersaing, tak hanya dengan sesama lulusan namun juga teknologi otomasi, Rektor Universitas Pertamina Prof. Akhmaloka menyampaikan bahwa mahasiswa dituntut untuk bertransformasi menjadi pribadi yang agile.

Artinya, mahasiswa harus menjadi pribadi yang punya visi jelas, namun fleksibel dan mampu beradaptasi dengan cepat.

"Mereka juga dituntut untuk menjadi pribadi yang lincah dan fleksibel dalam menghadapi masalah," papar Prof. Akhmaloka dalam sambutannya pada acara Sidang Terbuka Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Pertamina Tahun Akademik 2020/2021, Rabu (23/9/2020).

Baca juga: Mahasiswa S1-S3, Ini Cara Daftar Beasiswa Unggulan dari Kemendikbud

Perguruan Tinggi, kata dia, sebagai institusi yang berperan sentral dalam menyiapkan tenaga kerja terdidik dan terampil juga dituntut untuk dapat menghasilkan sumber daya manusia yang mampu bersaing di tengah perubahan dunia yang begitu pesat.

Pasalnya, dunia kini tidak hanya dihadapkan pada kondisi volatilily, uncertainty, complexity, dan ambiguity atau yang kemudian dikenal dengan VUCA. Pandemi COVID-19 yang masih berlangsung juga turut membuat ketidakpastian semakin meningkat.

Industri terdisrupsi semakin cepat membuat persaingan kerja tidak lagi linear. Dalam enam bulan terakhir misalnya, muncul fenomena baru di mana seluruh elemen masyarakat berusaha keras menguasai teknologi daring.

Hal ini membuat persaingan tenaga kerja akan semakin ketat, karena tenaga kerja manusia tidak lagi bersaing dengan sesama tenaga kerja manusia, namun juga dengan teknologi otomasi.

Baca juga: Jadwal dan Cara Daftar KIP Kuliah Jalur Mandiri PTN dan PTS 2020

Bekali dengan HOTS

Prof. Akhmaloka mengatakan, untuk memiliki daya saing tinggi mahasiswa perlu memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi atau Higher-order Thinking Skills (HOTS).

Seperti memiliki kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah yang baik, memiliki keterampilan berkomunikasi dan menguasai teknologi informasi dan komunikasi.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X