Dukung PJJ Selama Pandemi, Nusatek Buka Akses "SiswaMedia" Gratis

Kompas.com - 25/09/2020, 12:26 WIB
Aplikasi SiswaMedia Merdeka Belajar diluncurkan serentak di Google Playstore, dan Apple App Store, dan website pada Kamis, 24 September 2020. DOK. SISWAMEDIAAplikasi SiswaMedia Merdeka Belajar diluncurkan serentak di Google Playstore, dan Apple App Store, dan website pada Kamis, 24 September 2020.

KOMPAS.com - Pembelajaran jarak jauh ( PJJ) menjadi salah satu titik tumpu pembelajaran di tengah pandemi global Covid-19. Bahkan, bukan tidak mungkin PJJ akan menjadi normal baru dalam proses belajar siswa di masa depan.

Meski demikian, tidak dipungkiri masih terdapat berbagai kendala dalam menerapkan pembelajaran jarak jauh.

Selain persoalan akses layanan data internet, juga aplikasi pembelajaran jarak jauh yang banyak dipakai saat ini belum terintegrasi secara langsung alias tidak memiliki keutuhan solusi sistem.

“Saat ini Indonesia membutuhkan solusi teknologi pendidikan yang nyata, real, bisa dipakai semua orang. Bisa dipakai dengan mudah dan segera oleh seluruh insan pendidikan Indonesia," ungkap Yehezkiel Panji, Direktur Nusatek.id sekaligus penggagas "SiswaMedia" melalui rilis resmi, Kamis, 24 September 2020.

Pembelajaran holistik terintegrasi

Terkait tantangan kebutuhan platform pendidikan yang terintegrasi, Nusatek.id meluncurkan "SiswaMedia", sebuah aplikasi dengan konsep peer to peer education system gratis, mudah, dan siap pakai.

“Dengan SiswaMedia, para siswa, guru, dan orangtua dapat terhubung dalam satu aplikasi yang berisikan materi pembelajaran gratis seperti e-book, video, slide presentasi, latihan soal, dan bahkan aplikasi rekomendasi lain sesuai mata pelajaran yang bisa mendukung proses pembelajaran siswa.

Baca juga: Sekolah Negeri Ini Pinjamkan Gawai ke Siswa dan Beri Kuota untuk PJJ

 

Selain dari pembelajaran akademis, "SiswaMedia" juga mengangkat materi-materi umum untuk pembangunan karakter, cara berfikir kritis, dan kompetensi secara global.

" Aplikasi SiswaMedia ini adalah wujud bakti dari SiswaMedia untuk negeri, dan wujud nyata kepedulian SiswaMedia untuk dunia pendidikan di Indonesia,” ujar Yehezkiel Panji.

Harapannya, lanjut Yehezkiel, semua orang di Indonesia bisa mendapatkan akses untuk pendidikan yang lebih baik, yang tidak hanya murah, bahkan gratis. 

Yehezkiel memaparkan pihaknya meluncurkan "SiswaMedia Merdeka Belajar" dengan beragam fitur komprehensif dan akan terus bertumbuh ke depannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X