Guru Berbagi Tips Atasi "Cabin Fever" Anak saat BDR, Ini Caranya

Kompas.com - 26/09/2020, 09:56 WIB
Ilustrasi anak saat sedang belajar dari rumah. DOK. PEXELSIlustrasi anak saat sedang belajar dari rumah.

 

KOMPAS.com – Pada Senin (21/9/2020), dua pengajar dari Kupang, Nusa Tenggara Timur, membagikan pengalamannya untuk mengatasi cabin fever pada anak usia dini dan sekolah dasar saat Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ).

Eirene Christa Luturmas dan Jenitha D. Tonfanus membagikan kiat mereka sebagai pengajar untuk membuat PJJ lebih efektif akibat pandemi Covid-19.

“Kami bukan expert, tapi membagikan apa yang kami pernah lakukan di kelas yang bisa membantu anak-anak untuk belajar lebih efektif selama belajar dari rumah,” ujar Eirene di akun YouTube REFO Indonesia.

Baca juga: Guru, Ikuti Webinar Keterampilan Mengajar Abad 21 dari Kemendikbud

Eirene juga menjelaskan definisi dari cabin fever yang merupakan keadaan di mana seseorang merasa marah, bosan, frustasi, bahkan depresi.

Penyebabnya karena harus berada di dalam ruangan dalam jangka waktu tertentu.

“Mungkin Bapak Ibu yang punya anak di rumahnya, duduk di depan HP atau laptop terus udah memegang kepala, udah pusing. Aduh apalagi nih tugas dari gurunya,” tutur pendiri Teachnspire ini.

Hal tersebut mungkin saja terjadi karena anak-anak tidak menikmati proses belajar dari rumah.

Gejala dan cara atasi cabin fever

Dalam web seminar bertajuk “PJJ Anti Cabin Fever”, Eirene merangkum beberapa gejala anak yang mengalami cabin fever di bawah ini.

  1. Kehilangan motivasi.
  2. Kesulitan atau malas bergerak.
  3. Meningkatnya nafsu makan meski tidak dalam keadaan lapar.
  4. Tidur siang terlalu lama.
  5. Tidak sabaran.
  6. Merasa putus asa atau hopeless.
  7. Tidak bersemangat atau antusias.
  8. Kesulitan berkonsentrasi.
  9. Merasa sedih.
  10. Frustasi atau bahkan depresi.

Supaya anak-anak bisa terhindar dari cabin fever, Jenitha selaku pengajar anak usia dini dan sekolah dasar menekankan pada level pembelajaran konkret anak.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X