Kompas.com - 29/09/2020, 20:23 WIB

KOMPAS.com - Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) menyelenggarakan ajang bursa kerja, magang, dan beasiswa “Engineering Career and Internship Fair (ECIF) 2020” secara virtual.

Acara yang terselenggara pada 21 – 24 September 2020 itu diikuti sebanyak 12.000 peserta dan didukung oleh 19 perusahaan mitra.

ECIF 2020 merupakan kegiatan career fair virtual pertama yang digelar oleh UI sebagai wadah penawaran pekerjaan, magang, hingga beasiswa bagi mahasiswa tingkat akhir dan lulusan FTUI.

Baca juga: Mahasiswa S1-S3, Ini Cara Daftar Beasiswa Unggulan dari Kemendikbud

"Diharapkan dengan penyelenggaraan ECIF ini bisa menjadi jembatan yang baik antara kampus dengan dunia industri. Tidak hanya dalam memberikan informasi dunia kerja tetapi juga dalam penyiapan kualitas sumber daya manusia yang baik secara hard skill dan juga soft skill,” ujar Dekan FTUI Hendri D.S. Budiono, Selasa (29/9/2020) dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com.

Manajer Kemahasiswaan & Alumni FTUI Badrul Munir menambahkan, penyelenggaraan ECIF 2020 tidak hanya menawarkan kesempatan karier kepada peserta.

Lebih dari itu, selama acara juga terdapat sesi Talk Show dan Workshop Pengembangan Karier salah satunya adalah Workshop Data Science yang saat ini sedang menjadi kebutuhan seiring dunia kerja yang membutuhkan kompetensi IT/digital.

Baca juga: Beasiswa Unggulan Kemendikbud Ramai Peminat, Apa Saja yang Didapat?

"Selain itu juga ada Workshop persiapan memasuki dunia pasca pendidikan, informasi beasiswa studi lanjut, sesi pengenalan perusahaan dan informasi lowongan pekerjaan atau internship dari mitra perusahaan,” kata Badrul.

ECIF merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Career Development Center FTUI berkolaborasi dengan BEM FTUI dan juga didukung oleh ILUNI FTUI, di bawah koordinasi Unit Kemahasiswaan dan Alumni FTUI.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.