Berkat “Mantappu Jiwa”, Jerome Polin Raih Penghargaan IKAPI Awards

Kompas.com - 29/09/2020, 17:00 WIB
Pemilik akun YouTube Nihongo Mantappu, Jerome Polin Instagram @jeromepolinPemilik akun YouTube Nihongo Mantappu, Jerome Polin

KOMPAS.com – Jerome Polin Sijabat, YouTuber dan penulis buku “Mantappu Jiwa” meraih penghargaan dalam Ikatan Penerbit Indonesia ( IKAPI) Awards 2020 untuk kategori penulis pendatang terbaik atau "Rookie of The Year".

Perwara dalam acara IKAPI Awards mengatakan bahwa karya perdana Jerome sangat fenomenal dan unik sehingga sudah terjual sebanyak 50.000 eksemplar.

“Bukunya sungguh unik. Berisi soal latihan matematika yang dipadu dengan kisah perjuangan hidup penulisnya,” ucap perwara dalam acara virtual IKAPI Awards 2020 pada Senin (28/9/2020).

Baca juga: Beasiswa Tunai Bumi Tawarkan Uang Saku untuk Mahasiswa S1, D3 dan D4

Selain digemari, buku “Mantappu Jiwa” juga menginspirasi banyak kalangan muda dengan gaya penulisan bahasa popular sejak terbit pada Agustus 2019.

Jerome sebagai mahasiswa Indonesia yang mendapatkan beasiswa penuh Mitsui Bussan untuk mengenyam pendidikan di Universitas Waseda, Jepang, tidak menyangka dirinya akan mendapatkan penghargaan.

Ia juga menganggap kalau penghargaan dari IKAPI Awards 2020 menjadi bonus dari perjalanan buku perdananya.

“Penghargaan ini merupakan bonus dari apa yang menurut saya merupakan fundamental dari buku ini, yaitu proses pengembangan diri,” imbuh Jerome.

Proses lahirnya "Mantappu Jiwa"

Dalam pidatonya, mahasiswa berusia 22 tahun ini langsung teringat dengan seluruh proses kelahiran buku perdananya.

“Ketika saya mendapatkan informasi bahwa saya akan diberikan penghargaan ini, saya langsung teringat kembali seluruh proses yang terjadi sehingga lahirnya buku Mantappu Jiwa ini,” ucapnya.

Ia mengingat kembali awal mula pembicaraan dengan salah satu editor dari Gramedia Pustaka Utama, yaitu Ruth.

Pada 2018, Ruth menghubungi Jerome lewat direct message akun Instagramnya untuk menanyakan apakah ia mau menulis buku atau tidak.

Sempat tidak menyangka bahwa ia akhirnya menjadi penulis, tetapi Jerome pun memulai proses menulis buku “Mantappu Jiwa” sambil menjalani perkuliahannya di Jepang pada awal 2018.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X