Kompas.com - 04/10/2020, 13:36 WIB
Poster web seminar Ready Set Rise yang bertajuk Building Solid Foundation of Self-Awareness pada Jumat (2/10/2020) lewat aplikasi Zoom. DOK. KOMPAS.com/ELISABETH DIANDRA SANDIPoster web seminar Ready Set Rise yang bertajuk Building Solid Foundation of Self-Awareness pada Jumat (2/10/2020) lewat aplikasi Zoom.

KOMPAS.com - Human Resources Recruitment Management Head di Astra Credit Companies (ACC) Roberto Sontani memberikan pendapatnya bahwa tidak masalah bila mahasiswa ingin menjadi “Kupu-kupu”.

Kupu-kupu merupakan singkatan dari "kuliah pulang–kuliah pulang" yang biasa digunakan untuk menggambarkan kegiatan mahasiswa yang usai kuliah lebih memilih langsung pulang.

Dalam web seminar bertajuk "Building Solid Foundation of Self-Awareness", Roberto menjelaskan alasannya mempertimbangkan mahasiswa Kupu-kupu dalam proses perekrutan karyawan di perusahaan.

Baca juga: Beasiswa Tunai Bumi Tawarkan Uang Saku untuk Mahasiswa S1, D3 dan D4

“Pernah dulu gue interview satu orang ketua organisasi, after interview-nya adalah sekretarisnya yang ketemu sama gue. Jadi lucu, interview pertama adalah ketuanya, yang kedua nih sekretarisnya untuk organisasi yang sama,” cerita Roberto pada Jumat (2/10/2020) lewat aplikasi Zoom.

Setelah proses perektrutan, Roberto menerima sekretaris organisasi tersebut menjadi karyawan.

Namun, ketua dari organisasi itu berkata kepada sekretarisnya bahwa perusahaan yang merekrut mereka tidak benar dalam bekerja.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Agak drama, nih. Bro, ini bukan soal posisi lu waktu kuliah. Ini mengenai impact yang lu kasih. Ini mengenai pengaruh yang lu berikan,” tegas Roberto.

Pasalnya, Roberto lebih menekankan pada dampak yang bisa seseorang berikan dan bisa memiliki nilai untuk lingkungan sekitar.

Maka dari itu, Roberto menyimpulkan bahwa ia tidak masalah dengan mahasiswa yang menganggap organisasi bukan pilihan yang menarik dan ingin memilih jadi Kupu-kupu.

“Asal begitu sampai rumah, pikirin apa ya impact yang bisa gue kasih buat lingkungan sekitar gue,” lanjutnya.

Pentingnya self-awareness

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.