Cegah Kanker Warga Pesisir Surabaya, Farmasi Unair Lakukan Hal Ini

Kompas.com - 23/10/2020, 11:06 WIB
Ilustrasi kanker serviks Ilustrasi kanker serviks
|

KOMPAS.com - Selain jantung koroner, penyakit kanker juga menjadi salah satu penyakit dengan tingkat kematian terbanyak di dunia.

Bahkan beberapa waktu terakhir, angka kejadian kanker juga meningkat tajam di Indonesia. Untuk itu perlu upaya pencegahan penyakit kanker.

Terkait hal itu, sejumlah dosen Fakultas Farmasi Universitas Airlangga ( Unair) berupaya melakukan tindakan pencegahan dengan sosialisasi pola hidup sehat.

Kali ini, sosialisasi diberikan kepada warga di RW II Kejawan Lor, Kenjeran, Surabaya beberapa waktu lalu.

Baca juga: Ini Tips Lancar Hadapi Wawancara Kerja dari Akademisi Unair

Edukasi melalui sosialisasi

Menurut Koordinator Humas, Dinda Monika Nusantara Ratri, S.Farm., M.Farm.Klin., edukasi terkait penyakit kanker belum diberikan secara luas dan merata pada masyarakat. Fakta tersebut didapat dari hasil studi yang dilakukan oleh tim pelaksana.

"Dari studi yang telah dilakukan di Kenjeran, tidak banyak warga yang melakukan pemeriksaan mandiri untuk mencegah penyakit kanker," ujar Dinda seperti dikutip dari laman Unair, Minggu (19/10/2020).

Ada dua materi yang disampaikan pada kesempatan tersebut, yakni:

1. Materi pertama, berjudul Waspada Penyakit Kanker yang dibawakan oleh Dinda. Dalam sesi itu, Dinda juga sempat memberikan pelatihan Pemeriksaan Payudara Sendiri (Sadari).

2. Tak hanya itu saja, warga juga diberi penyuluhan terkait upaya pencegahan perkembangan penyakit kanker melalui penerapan hidup sehat.

Materi itu dipaparkan oleh Dra. Toetik Aryani, M.Si., selaku dosen Departemen Farmasi Klinik Fakultas Farmasi Unair sekaligus Apoteker Instalasi CSSD RSUA.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X