Sering Gagal? Ini 6 Tips Agar Tak Mudah Menyerah bagi Mahasiswa

Kompas.com - 25/10/2020, 12:24 WIB
Ilustrasi Mahasiswa DOK. PIXABAYIlustrasi Mahasiswa
|

KOMPAS.com - Bagi para mahasiswa, pandemi Covid-19 ini menjadi situasi yang sulit untuk dijalani. Terlebih belum tahu sampai kapan pandemi akan berakhir.

Bahkan tak jarang banyak diantara mahasiswa yang putus asa dan menyerah dengan keadaan. Seolah-olah menyerah adalah suatu jalan termudah.

Tapi, menyerah itu buka jalan keluar. Apalagi bagi seorang mahasiswa yang memiliki pola pikir luas ke depan dan merupakan generasi masa depan bangsa.

Melansir akun Instagram Lembaga Pengelola Dana Pendidikan ( LPDP), Jumat (23/10/2020), berikut ini 6 tips atau saran agar tidak mudah menyerah.

Baca juga: Cerita Penerima Bidikmisi dan LPDP Raih Penghargaan Lewat Batik

1. Ingat alasan mengapa kita memulainya

Hal seperti ini seringkali jadi motivasi kita untuk melanjutkan perjuangan. Karena alasan yang mendasari kita memulai dapat menggiring kita pada tujuan utama kita.

Contohnya ialah kuliah di luar negeri untuk mengabdi dan memajukan negeri ini.

2. Belajar dari kesalahan

Cobalah berdamai dengan kesalahanmu, kembangkan pikiran positif dan luangkanlah waktu untuk mempelajarinya dan buatlah rencana atau strategi baru untuk mengatasinya.

Contohnya, gagal tes toefl/BT/IELTS karena kurang fokus saat ujian listening.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X