Terkait Rencana Demo Mahasiswa, Sekjen MUI: MK Jadi Solusi UU Ciptaker

Kompas.com - 26/10/2020, 16:38 WIB
Ilustrasi sidang di Mahkamah Konstitusi (MK). ANTARA FOTO/Aprillio AkbarIlustrasi sidang di Mahkamah Konstitusi (MK).

KOMPAS.com - Terkait rencana aksi demonstrasi mahasiswa pada tanggal 28 Oktober mendatang, Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia ( MUI) Anwar Abbas mengimbau agar demo dilakukan secara damai, tertib dan tidak anarkis.

Anwar mengatakan mereka (mahasiswa) menggunakan hak konstitusi. "Kalau demo, demolah secara beradab," pesannya melalui rilis resmi (26/10/2020).

Di sisi lain, ia juga berharap pemerintah bisa mendengarkan apa yang menjadi aspirasi pengunjuk rasa. Pasalnya, apa yang disampaikan juga mewakili aspirasi sebagian masyarakat yang tidak setuju dengan UU itu.

"Negeri ini merupakan tanggung jawab bersama, bukan hanya tanggung jawab pemerintah dan DPR tapi juga masyarakat. Jadi kami minta baik pemerintah dan DPR untuk mendengarkan keinginan masyarakat," imbuh dia.

Lebih jauh Anwar Abas juga menyampaikan, langkah uji materi di Mahkkamah Konstitusi (MK) merupakan solusi Undang-undang (UU) Cipta Kerja yang terjadi saat ini.

"Ya ditengah masyarakat sekarang solusinya cuma uji materi di MK. Cuma masalahnya, MK juga mengalami krisis kepercayaan dari masyarakat karena sikap dan perilaku para hakim," ujar Anwar. 

Baca juga: Mahasiswa, Beasiswa PPI Tawarkan Subsidi Dana dan Pelatihan Gratis

Anwar menyampaikan, jika langkah uji materi MK dilaksanakan hal ini menjadi pembuktian independensi lembaga tersebut.

"MK harus membuktikan lembaganya independen dan tidak dapat ditekan pihak tertentu termasuk pemerintah," tambahnya. MK juga perlu membuktikan bahwa lembaganya tersebut benar-benar objektif dan dapat diterima masyarakat.

"Sehingga negeri ini bisa aman, damai dan sejahtera," harapnya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X