Gita Cita Pemuda Indonesia, Merawat Keberagaman di Hari Sumpah Pemuda

Kompas.com - 28/10/2020, 13:18 WIB
Dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda, Universitas Indonesia (UI) melalui Makara Art Center UI (MAC UI) bekerja sama dengan Soka Gakkai Indonesia (SGI) bakal menyelenggarakan acara bertajuk ?Gita Cita Pemuda Indonesia?. 

Dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda, Universitas Indonesia (UI) melalui Makara Art Center UI (MAC UI) bekerja sama dengan Soka Gakkai Indonesia (SGI) bakal menyelenggarakan acara bertajuk ?Gita Cita Pemuda Indonesia?. 

Dok. UIDalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda, Universitas Indonesia (UI) melalui Makara Art Center UI (MAC UI) bekerja sama dengan Soka Gakkai Indonesia (SGI) bakal menyelenggarakan acara bertajuk ?Gita Cita Pemuda Indonesia?. Dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda, Universitas Indonesia (UI) melalui Makara Art Center UI (MAC UI) bekerja sama dengan Soka Gakkai Indonesia (SGI) bakal menyelenggarakan acara bertajuk ?Gita Cita Pemuda Indonesia?.

KOMPAS.com - Dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda, Universitas Indonesia ( UI) melalui Makara Art Center UI (MAC UI) bekerja sama dengan Soka Gakkai Indonesia (SGI) bakal menyelenggarakan acara bertajuk “Gita Cita Pemuda Indonesia”.

Acara yang dikemas dalam bentuk pagelaran seni dan dialog kebangsaan tersebut dilaksanakan pada hari ini, Rabu (28/10/2020), pukul 19.00 WIB, secara virtual melalui kanal Youtube Makara Art Center UI.

Pada pagelaran seni budaya akan ada pertunjukan berbagai bentuk kesenian, di antaranya Kolintang dari Pinkan Indonesia, Tari Papua, Dynamic Dance, Lion Gymnastic, Tarian Genderang Langit, Musik Religi Ki Ageng Ganjur dari Yogyakarta, penampilan artis Cici Paramida.

Baca juga: Soul Travellers, Cerita 39 Anak Muda Indonesia Menjelajah Dunia

Sementara pada sesi Dialog Kebangsaan, akan tampil sejumlah narasumber, di antaranya Ronal Surapradja (artis), Ketut Suryajaya ( Dosen Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB UI), Ngatawi Al-Zastrouw (Kepala MAC UI), Elly Muliawan, dan Sofyan Shugo (Soka Gakkai Indonesia).

Selain untuk memeriahkan peringatan hari Sumpah Pemuda, acara ini juga dimaksudkan untuk menggali dan mengaktualisasikan spirit perjuangan para pemuda Indonesia yang melampaui sekat-sekat etnis dan ideologi.

Sumpah pemuda tidak sekadar momentum kebangsaan tapi sekaligus juga momentum kebudayaan,” papar Kepala MAC UI Ngatawi Al-Zastrouw, dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (28/10/2020).

Para pemuda yang bersumpah pada 28 Oktober 1928 itu, lanjut dia, tidak hanya membangun tekad bersama melawan kaum penjajah, tetapi juga membangun tekad merawat dan menjaga keberagaman dalam bingkai persatuan.

Baca juga: Dian Sastro: Investasi Pendidikan pada Perempuan adalah Investasi Masa Depan

Mereka bertekad membangun kerja sama lintas etnis, lintas budaya dan lintas agama dengan melepas kepentingan kelompok dan ego masing-masing untuk membangun peradaban. Inilah makna terpenting dari peristiwa Sumpah Pemuda yang harus kita gali dan kita jaga secara terus menerus,” kata Zastrouw.

Ketua Soka Gakkai Indonesia Peter Nurhan menjelaskan bahwa acara ini merupakan bentuk sambung rasa dan silaturahmi anak bangsa lintas generasi.

Menurutnya, ada anak-anak muda yang mengekspresikan spirit dan kreativitasnya dalam berbagai bentuk seni, kemudian ada generasi tua yang menggali nilai-nilai keberagaman, perdamaian dan persatuan.

"Kami berharap acara ini dapat membangkitkan semangat kebersamaan untuk tetap optimis dan bangkit menuju kejayaan Indonesia," harapnya.

Baca juga: Kemendikbud Bakal Upayakan Digitalisasi Sekolah pada 2021

Serupa dengan semangat MAC UI, Peter mengatakan Soka Gakkai Indonesia memang peduli terhadap gerakan kebudayaan untuk membangun peradaban.

“SGI ingin mengajak seluruh komponen anak bangsa, khususnya para pemuda, bersama-sama membangun peradaban, merawat keberagaman dan menjaga perdamaian, karena peradaban hanya bisa dibangun dalam suasana damai dan bersatu,” kata Peter.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X