Dian Sastro: Investasi Pendidikan pada Perempuan adalah Investasi Masa Depan

Kompas.com - 17/10/2020, 09:50 WIB
Potret Dian Sastrowardoyo. DOK. MAGNIFIQUE INDONESIA DAN YAYASAN DIAN SASTROWARDOYO Potret Dian Sastrowardoyo.

KOMPAS.com – “If you teach a man, you teach a person. But if you teach a woman, you teach a generation.”

Dua kalimat sederhana penuh makna menjadi alasan Dian Sastro kini begitu peduli akan dunia pendidikan, terlebih pendidikan bagi perempuan Indonesia.

Menurutnya, perempuan Indonesia sesungguhnya mandiri, berdaya juang tinggi dan ingin terus belajar.

Ia percaya, perempuan berpendidikan akan menularkan ilmu dan karakter kepada anak-anaknya untuk bisa menjadi generasi penerus yang juga berilmu.

Baca juga: Amanda Simandjuntak, Kurangi Pengangguran Muda lewat Pelatihan Koding

“Karena setiap orang di belahan dunia manapun berhak untuk mendapatkan pendidikan yang layak. Ini prinsip yang kami sangat percaya, terlebih bagi perempuan. Perempuan Indonesia sesungguhnya mandiri, berdaya juang tinggi dan ingin terus belajar,” paparnya.

Namun, dari 22.233.393 perempuan Indonesia dengan usia masuk perguruan tinggi, hanya 2.760.722 atau sekitar 12,4 persen yang terdaftar di perguruan tinggi.

Kondisi itulah yang menjadi alasan Dian mendirikan Yayasan Dian Sastrowardoyo (YDS) pada 2009 dan memberikan beasiswa penuh untuk perempuan-perempuan muda dari keluarga kurang mampu untuk menyelesaikan pendidikan di jenjang sarjana.

Program "Beasiswa Dian" menjadi salah satu program yang berjalan dari 2015 hingga kini. Memberikan beasiswa penuh untuk perempuan-perempuan muda dari keluarga kurang mampu untuk menyelesaikan pendidikan di jenjang sarjana.

Baca juga: Survei: Kualitas Guru Jadi Pendorong Terbesar Prestasi Siswa

Dalam pelaksanaannya, proses seleksi calon penerima beasiswa dilakukan YDS bekerja sama dengan Yayasan Hoshizora di Yogyakarta.

Sampai tahun 2019, program beasiswa Dian telah memasuki angkatan keempat dengan jumlah penerima beasiswa 19 orang, berasal dari daerah Jakarta, Ambon, Solo, Yogyakarta, Bantul, Sleman, Kulon Progo dan Gunung Kidul, dan telah meluluskan 4 orang.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X