Kompas.com - 05/11/2020, 12:36 WIB
Dirjen Dikti Kemendikbud Prof. Nizam saat menjadi narasumber pada talkshow gelaran ForTi. Tangkapan layar Zoom ForTiDirjen Dikti Kemendikbud Prof. Nizam saat menjadi narasumber pada talkshow gelaran ForTi.
|

KOMPAS.com - Banyak inovasi dihasilkan selama pandemi Covid-19, tak terkecuali pendidikan tinggi yang juga berperan dalam membuat inovasi.

Menurut Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Kemendikbud, Prof Nizam, ada lebih dari 1.000 inovasi yang telah diciptakan oleh mahasiswa.

Inovasi tersebut dituangkan dalam bentuk karya teknologi yang lebih canggih, seperti:

1. Augmented reality (AR)

2. Artificial intelligence (AI)

3. Praktikum secara virtual

Nizam menjelaskan, inovasi tersebut bukan hanya menjadi prototipe, melainkan juga telah diproduksi secara massal.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Kemendikbud: Ini Manfaat Anak Aktif Bergerak dan Cara Melatihnya

Bidang ekonomi

Terkait bidang ekonomi, Kemendikbud telah merealokasikan anggaran sebesar Rp 1 triliun untuk membantu para mahasiswa yang orangtuanya terdampak pandemi, seperti pemutusan hubungan kerja (PHK).

"Terdapat sebanyak lebih kurang 400.000 mahasiswa dan masing-masing mendapatkan bantuan dana sebesar Rp 2,4 juta," ujar Nizam, seperti dikutip laman Ditjen Dikti, Selasa (3/11/2020).

Selain itu, Kemendikbud bekerja sama dengan Kementerian Keuangan untuk membantu penyediaan akses internet secara gratis bagi 8 juta mahasiswa dan dosen, serta lebih kurang 60 juta siswa.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X