Kompas.com - 13/11/2020, 08:18 WIB
Mahasiswa Fisip UPN Veteran Yogyakarta saat belajar di kampus. KOMPAS.com/ALBERTUS ADITMahasiswa Fisip UPN Veteran Yogyakarta saat belajar di kampus.
|

KOMPAS.com - Tahun ini menjadi tahun yang berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya. Ini karena awal 2020 hampir seluruh negara diterpa pandemi Covid-19.

Virus Covid-19 yang telah menyebar itu memberikan dampak semua aspek kehidupan. Namun, krisis yang dihadapi bukan hanya berasal dari penyakit saja, pada saat yang sama, misalnya, terjadi krisis kepercayaan terhadap institusi-institusi resmi.

Salah satu contoh ialah terjadi berbagai unjuk rasa atau demonstrasi. Di satu sisi, hal tersebut menunjukkan peningkatan partisipasi masyarakat dalam kehidupan bernegara.

Namun di sisi lain, hal tersebut perlu dihandel secara tepat agar tidak menjadi krisis yang terus memburuk di negara ini.

Baca juga: Pengabdian Masyarakat, Dosen UPN Jogja Dampingi UMKM dengan Cara Ini

Seminar manajemen isu dan krisis

Terkait hal itu, mendorong Program Studi Hubungan Masyarakat (Humas) UPN Veteran Yogyakarta (UPN Jogja) akan menyelenggarakan Seminar Manajemen Isu dan Krisis pada Sabtu (14/11/2020) pukul 12.30 WIB.

"Krisis ibarat sebuah persimpangan jalan. Krisis yang berkelanjutan bisa mengantarkan organisasi pada kematian," ujar Dewi Novianti, M.Si selaku Koordinator Prodi Humas dalam rilis yang diterima Kompas.com, Jumat (13/11/2020).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Akan tetapi, lanjut Dewi, di sisi lain banyak juga success story di mana krisis justru bisa menjadi sebuah titik balik untuk menuju kondisi yang lebih baik dari pada sebelum krisis.

Dijelaskan, seminar tersebut bakal menghadirkan dua pembicara yaitu:

1. Febri Diansyah, aktivis antikorupsi yang baru saja mengundurkan diri sebagai Kepala Biro Humas dan juru bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

2. Cesario Taufik Andika dari Sekretariat Dewan Energi Nasional, Kementerian ESDM, Divisi Biro Fasilitasi Kebijakan Energi dan Persidangan, Bagian Humas dan Persidangan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.