Kompas.com - 18/11/2020, 20:56 WIB
Ilustrasi anak melukis dan menggambar ShutterstockIlustrasi anak melukis dan menggambar

KOMPAS.com - Proses belajar dari rumah hendaknya tidak membuat orangtua berhenti untuk mendorong anak untuk terus mengasah kreativitas. Sebaliknya, masa ini justru dapat digunakan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dengan menghasilkan sesuatu yang kreatif.

Psikolog Perkembangan Universitas Gadjah Mada, Aisah Indati menegaskan masa kanak-kanak merupakan masa bermain, di mana pada masa itu merupakan masa keemasan atau golden period.

"Pada masa keemasan ini dibutuhkan beberapa stimulasi dari lingkungan sekitar, supaya anak mengalami perkembangan yang optimal," jelasnya.

Indati menambahkan, "perkembangan yang optimal, akan tercapai apabila anak memperoleh stimulasi yang bervariatif, seperti misalnya stimulasi yang bersifat motorik, emosi, sosial, serta pengamatan.

Baca juga: Road Trip dengan Anak? Persiapkan Mental untuk Ini

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Latih kepekaan emosi

Hal senada disampaikan Product Manager PT Faber-Castell International Indonesia, Richard Panelewen. Masa pandemi, menurutnya menjasi kesempatan keluarga untuk melakukan kegiatan kreatif bersama.

Salah satunya melalui kegiatan menggambar dan mewarnai maupun membuat craft/prakarya.

Terkait hal ini, Richard menjelaskan pihaknya memperkenalkan program terbaru, Creative Art Set di mana para orang tua untuk bereksplorasi bersama, karena produk ini dibuat dengan menyesuaikan kebutuhan tidak hanya bagi anak, namun orangtua/keluarga dan juga dewasa.

Melalui kegiatan bersama lewat Stone Deco Art, Colour Your Own Tote Bag, Origami Fashion Design, 3D Art Frame, Make Your Own Kite, dan Air Jet Sport Car diharapkan dapat memperkuat ikatan, interaksi antara anggota keluarga, dan juga sebagai pelepas stres.

Tidak hanya dukungan produk Creative Art Series, program ini juga disertai dengan yang berkaitan dengan jenis produk yang dibeli secara cuma-cuma.

Produk Creative Art Series Faber-Castell cocok digunakan bagi anak-anak usia pra sekolah hingga anak-anak usia sekolah dasar. Produk tersebut dapat untuk menstimulasi perkembangan anak, dalam hal pengamatan, emosional dan sosial serta motorik halus.

Aisah Indati menjelaskan, pengamatan yang dimaksud, karena anak belajar mengamati beragam warna dan bentuk yang ada dalam produk Creative Art Series Faber-Castell. "Hal ini akan memacu inisiatif dan kreativitas anak," ungkapnya.

Dari sisi emosi dan sosial, yakni saat anak bereksplorasi dengan kreativitas, misal saat proses mencampur berbagai macam warna, hal ini juga diyakini akan mengasah kepekaan emosi yang melibatkan kreativitas dan inisiatif, serta interaksi sosial anak.

"Sementara stimulasi motorik halus diperoleh saat anak bereksplorasi menggunakan media pewarna, craft, maupun kertas origami, akan melatih kepekaan motorik halus dalam diri anak, punkas," Indati.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.