Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Jurusan Unggulan di Era Revolusi Industri 4.0 dan Prospek Kerjanya

Kompas.com - 20/11/2020, 10:32 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Seiring perkembangan teknologi, maka dalam dunia kerja dan dunia industri juga memerlukan sumber daya manusia yang bisa beradaptasi.

Terlebih dengan hadirnya revolusi industri 4.0 yang ditandai dengan transformasi digital. Ini telah membawa perubahan besar pada dunia kerja tersebut.

Tentu banyak pekerjaan saat ini maupun di masa depan yang membutuhkan keterampilan baru yang relevan dengan perkembangan zaman.

Bagi siswa yang masih duduk di bangku sekolah kelas 12 maka harus mempunyai pengetahuan. Seandainya nanti mau melanjutkan studi di perguruan tinggi, maka harus paham jurusan apa yang tepat.

Baca juga: Anak IPA Anti-mainstream, Ini Jurusan Kuliah Prospek Kerja Cerah

Melansir akun Instagram Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Jumat (20/11/2020), berikut 4 jurusan kuliah yang lulusannya sangat dibutuhkan di era Revolusi Industri 4.0 ini.

1. Bisnis Digital

Jurusan ini merupakan rumpunan ilmu terapan yang mengaplikasikan bagaimana proses merancang suatu bisnis digital.

Secara umum jurusan ini ditujukan untuk mempersiapkan SDM yang mampu menguasai bidang startup digital dan marketplace.

Ilmu yang akan didapat merupakan perpaduan dari bidang ilmu manajemen, hukum bisnis, sistem informasi, ilmu tentang e-commerce, hingga teknik informatika.

Prospek kerja:

  • Manajer Akun Digital
  • Analisis Bisnis Digital
  • Koordinator Bisnis Digital
  • Ahli Bisnis Digital

2. Teknik Robotika dan Artificial Intelligence

Robotika adalah salah satu ilmu yang lahir dari gabungan beberapa bidang ilmu seperti sistem mekanika, elektronika dan komputer.

Di sisi lain artificial intelligence (AI) sebagai suatu disiplin ilmu komputer mempunyai aplikasi yang luas untuk pendukung pengambilan keputusan.

Jurusan ini berfokus pada pengembangan integrasi antara robotika dan AI untuk menghasilkan sistem yang cerdas yang dapat diaplikasikan di berbagai bidang.

Kemampuan dan pengetahuan yang akan dipelajari ialah mencakup sains dasar, teknologi informasi, pemrograman dasar, desain, aplikasi robotika dan kecerdasan buatan serta integrasinya.

Prospek kerja:

  • Peneliti
  • Insinyur Robotika
  • Data Scientist
  • Software Engineer

3. Cyber Security

Cyber Security merupakan salah satu jurusan di bidang komputer dan teknologi yang akan mempelajari bagaimana cara memproteksi berbagai industri, pemerintah, bahkan individu dari serangan yang ada pada dunia maya atau cyber attack.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com