4 Jurusan Unggulan di Era Revolusi Industri 4.0 dan Prospek Kerjanya

Kompas.com - 20/11/2020, 10:32 WIB
. SHUTTERSTOCK.
|

KOMPAS.com - Seiring perkembangan teknologi, maka dalam dunia kerja dan dunia industri juga memerlukan sumber daya manusia yang bisa beradaptasi.

Terlebih dengan hadirnya revolusi industri 4.0 yang ditandai dengan transformasi digital. Ini telah membawa perubahan besar pada dunia kerja tersebut.

Tentu banyak pekerjaan saat ini maupun di masa depan yang membutuhkan keterampilan baru yang relevan dengan perkembangan zaman.

Bagi siswa yang masih duduk di bangku sekolah kelas 12 maka harus mempunyai pengetahuan. Seandainya nanti mau melanjutkan studi di perguruan tinggi, maka harus paham jurusan apa yang tepat.

Baca juga: Anak IPA Anti-mainstream, Ini Jurusan Kuliah Prospek Kerja Cerah

Melansir akun Instagram Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud), Jumat (20/11/2020), berikut 4 jurusan kuliah yang lulusannya sangat dibutuhkan di era Revolusi Industri 4.0 ini.

1. Bisnis Digital

Jurusan ini merupakan rumpunan ilmu terapan yang mengaplikasikan bagaimana proses merancang suatu bisnis digital.

Secara umum jurusan ini ditujukan untuk mempersiapkan SDM yang mampu menguasai bidang startup digital dan marketplace.

Ilmu yang akan didapat merupakan perpaduan dari bidang ilmu manajemen, hukum bisnis, sistem informasi, ilmu tentang e-commerce, hingga teknik informatika.

Prospek kerja:

  • Manajer Akun Digital
  • Analisis Bisnis Digital
  • Koordinator Bisnis Digital
  • Ahli Bisnis Digital

2. Teknik Robotika dan Artificial Intelligence

Robotika adalah salah satu ilmu yang lahir dari gabungan beberapa bidang ilmu seperti sistem mekanika, elektronika dan komputer.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X