Kompas.com - 06/11/2020, 14:17 WIB
|

KOMPAS.com - Anak SMA yang mengambil jurusan IPA pasti suka dengan pelajaran eksakta. Begitu juga ketika nanti hendak kuliah, maka ada banyak jurusan kuliah yang bisa diambil.

Paling banyak diambil anak IPA ialah jurusan-jurusan teknik. Ada Teknik Mesin, Teknik Sipil, atau Teknik Industri.

Ada pula jurusan ilmu yang murni seperti Fisika, Biologi, dan Matematika. Tapi, jurusan lain bagi anak IPA masih banyak sekali.

Namun jika kamu suka anti-mainstream, berikut ini jurusan kuliah yang cocok bagi anak IPA berikut prospek kerja yang cerah. Informasi dirangkum dari laman Rencanamu.id.

Baca juga: 4 Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Membangun Kota Layak Huni

1. Oseanografi

Jurusan Oseanografi adalah ilmu yang mempelajari fenomena laut, yang kemudian diaplikasikan ke banyak bidang. Seperti rekayasa, lingkungan, bencana laut, perikanan dan mitigasi bencana.

Perilaku laut memang sudah untuk diprediksi, gelombang yang tinggim tenggelamnya pulau-pulau kecil karena kenaikan permukaan laut, badai, tsunami dan lainnya.

Meski kurang populer, tetapi jurusan ini punya peran penting. Nantinya, lulusan Oseanografi dapat bekerja sebagai coastal modeler, oceanographic surveyor, metocean engineer, hydrographic surveyor, oceanographer, marine seismic navigator dan masih banyak lagi.

2. Bioinformatika

Ini adalah program studi multi disiplin yang berfokus pada penerapan teknologi dan layanan berbasis komputer, data untuk biologi, biomedis, dan penelitian bioteknologi.

Jurusan ini mempelajari bagaimana menggunakan ilmu komputer untuk memilah dan memahami data-data dalam jumlah besar dalam bidang biologis, genetik, ilmu dan teknologi pangan.

Karena perkembangan teknologi sangat pesat, plus meningkatnya tren bisnis di bidang Big Data, jurusan ini akan memberikan kamu peluang kerja yang cukup cerah di masa depan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.