Siswa, Berikut Komponen Kapal Laut

Kompas.com - 21/11/2020, 09:09 WIB
Ilustrasi kapal Stewart SuttonIlustrasi kapal
|

KOMPAS.com - Bagi siswa atau anak-anak, mungkin akan bertanya pada orangtuanya mengenai kapal. Mengapa kapal laut bisa mengapung?

Tentu, ini karena ada teknologi yang menjadi bagian dari kapal tersebut. Atau karena teknologi yang melekat pada komponen–komponen vital kapal laut.

Apa saja bagian-bagian itu? Maka orangtua harus bisa menjelaskan pada anak mengenai bagian atau komponen yang ada di kapal laut.

Melansir akun Instagram Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kemendikbud, Jumat (20/11/2020), berikut komponen kapal laut.

Baca juga: Siswa, Simak Sejarah Teknologi Perkapalan

Lambung Kapal

Lambung kapal adalah bagian kapal yang memanjang di bawah garis air untuk menutupi dan melindungi air agar tidak masuk.

Segala sesuatu yang disimpan dan terletak di dalam struktur kapal utama dilindungi dan dilindungi oleh lambung kapal.

Lambung kapal dirancang sedemikian rupa untuk menawarkan ketahanan minimum terhadap air, layak dan ekonomis untuk dibangun tanpa kehilangan ruang kargo yang sangat dibutuhkan.

Karena terbuat dari baja, peran utama lambung kapal adalah untuk menjaga integritas kedap air dan mengurangi hambatan air.

Buritan

Buritan merupakan bagian belakang dari sebuah kapal. Pada bagian ini biasanya terdapat instrumen pengendali sebuah kapal.

Baling-baling

Ini adalah kipas seperti perangkat mekanis dengan bilah yang dipasang di poros. Berputar dengan poros untuk menghasilkan dorongan yang sangat dibutuhkan untuk mendorong kapal.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X