Pandemi, Menteri BUMN Ajak Mahasiswa Untar Lakukan Lompatan Besar

Kompas.com - 21/11/2020, 12:47 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir saat menjadi pembicara kunci pada webinar FEB Untar. DOK.UntarMenteri BUMN Erick Thohir saat menjadi pembicara kunci pada webinar FEB Untar.
|

KOMPAS.com - Seorang mahasiswa tugas utamanya ialah belajar atau kuliah. Namun setelah lulus kuliah bukan sebagai pencari kerja, tapi justru menciptakan lapangan kerja.

Tak hanya itu saja, lulus kuliah juga harus selalu siap untuk beradaptasi serta mengubah pola pikir dalam berbisnis agar bertahan terhadap situasi apapun.

Terlebih dalam masa pandemi Covid-19, semua dituntut kreatif, inovatif, dan melakukan lompatan besar. Dengan harapan bisa bertahan, bangkit dan terus maju.

Demikian beberapa kesimpulan pada International Conference on Entrepreneurship and Business Managament (ICEBM) ke-9 gelaran Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tarumanagara (FEB Untar) secara daring, Kamis (19/11/2020).

Baca juga: Untar: Komunikasi Digital Bisa Ancam Sisi Kemanusiaan

Adapun webinar bertema "Post-Covid-19 Pandemic: How Entrepreneurs and Managers Adapt and Reshape Business Strategies" menghadirkan Keynote Speaker Menteri BUMN RI Erick Thohir.

Melakukan lompatan besar

Menurut Erick Thohir, sejak awal pandemi Covid-19, pemerintah tidak tinggal diam dan selalu berusaha menanggulanginya.

"Pertumbuhan ekonomi Indonesia saat ini juga ikut terimbas. Pada kuartal ketiga tahun ini, telah mengalami penurunan hingga 3,49 persen," ujar Erick.

Hal ini, lanjut Erick, lebih baik jika dibandingkan dengan negara maju lainnya yang mengalami penurunan ekonomi hingga belasan persen.

Covid-19 menuntut Indonesia dan seluruh mahasiswa untuk beradaptasi dan menjalani proses belajar cepat yang belum pernah diduga sebelumnya.

Kemunduran banyak negara besar itu, menurut Erick harusnya menjadi peluang untuk mengejar ketertinggalan. Inilah saat Indonesia berbenah diri termasuk BUMN.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X