Kompas.com - 22/11/2020, 14:11 WIB
Ikatan Alumni Teknik Lingkungan (IA-TL) ITB mengadakan diskusi terkait strategi dalam mewujudkan ITB sebagai eco-campus pada Jumat (15/5/2020) lalu melalui Zoom. Dok. ITBIkatan Alumni Teknik Lingkungan (IA-TL) ITB mengadakan diskusi terkait strategi dalam mewujudkan ITB sebagai eco-campus pada Jumat (15/5/2020) lalu melalui Zoom.

KOMPAS.com - Lembaga pemeringkatan Times Higher Education (THE) telah merilis peringkat universitas-universitas di dunia tahun 2021.

Institut Teknologi Bandung (ITB) menempati peringkat 1.000+ atau menjadi universitas terbaik kedua di Indonesia versi THE World University Rankings.

Selain pemeringkatan universitas secara keseluruhan THE WUR juga telah mengeluarkan pemeringkatan THE WUR by Subjects atau berdasarkan bidang ilmu.

Baca juga: 4 Kampus Jurusan Komunikasi Terbaik di Indonesia Versi THE WUR 2021

Adapun rincian peringkat ITB untuk THE WUR by Subjects adalah peringkat 601+ untuk Bidang Bisnis dan Ekonomi (Business and Economics), peringkat 501-600 untuk Bidang Ilmu Komputer (Computer Science), peringkat 601-800 untuk Bidang Teknik (Engineering), peringkat 801+ untuk Bidang Ilmu Hayati (Life Sciences), dan peringkat 801-1000 untuk Bidang Ilmu Fisika (Physical Sciences).

Berdasarkan peringkat THE WUR by Subjects tersebut, ITB terbaik di Bidang Ilmu Komputer.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

Sekretaris Tim Evaluasi Peringkat ITB Paramashanti, mengatakan, Times Higher Education World University Rankings (WUR) memiliki dua kategori penilaian, yakni THE (Overall) WUR dan THE WUR by Subjects.

Ia menjelaskan, terdapat 7 (tujuh) kriteria yang harus dipenuhi oleh universitas agar dapat mengikuti pemeringkatan THE WUR. Ketujuh kriteria tersebut adalah:

Baca juga: 4 Kampus Jurusan Kedokteran Terbaik di Indonesia Versi THE WUR 2021

  1. Universitas harus memiliki publikasi yang relevan sejumlah minimal 1000 dalam 5 (lima) tahun terakhir, dan memiliki lebih dari 150 publikasi yang relevan dalam setiap tahun.
  2. Universitas harus menyelenggarakan pengajaran pada tingkat sarjana, yang ditunjukkan dengan sejumlah lulusan yang diberikan gelar sarjana. Universitas yang hanya menyelenggarakan pengajaran atau pendidikan pascasarjana tidak dapat diikutkan dalam pemeringkatan.
  3. Universitas tidak hanya fokus pada satu bidang (subjek) tertentu, yang ditunjukkan dengan lebih dari 80 persen publikasi memiliki bidang yang sama.
  4. Universitas harus sudah memberikan sejumlah data untuk seluruh indikator untuk tahun pemeringkatan.
  5. Universitas tidak boleh memiliki lebih dari dua nilai kritis (nol atau tidak menyampaikan) pada data-data yang di-submit melalui portal THE, yaitu di antaranya data tentang staf akademik (lokal dan internasional), staf riset, mahasiswa lokal dan asing, jumlah lulusan, pendapatan institusi, pendapatan riset, pendapatan dari industri.
  6. Universitas harus menyampaikan data untuk setidaknya 1 (satu) bidang atau subjek yang relevan.
  7. Universitas tidak masuk dalam daftar pengecualian khusus yang tidak dapat diikutkan dalam pemeringkatan.

Baca juga: 6 Kampus Jurusan Ekonomi-Bisnis Terbaik Indonesia Versi THE WUR 2021

Upaya ITB naikkan peringkat

Paramashanti mengatakan, indikator dari berbagai jenis lembaga pemeringkatan akan menjadi cermin bagi ITB untuk senantiasa melakukan upaya perbaikan.

ITB, lanjut dia, akan melakukan transformasi berkelanjutan untuk menjadi perguruan tinggi yang mampu melakukan proses bisnis berkelas dunia dan dapat memberikan kontribusi kepada masyarakat Indonesia dan dunia sebagai “a Globally Respected and Locally Relevant University”.

"Terdapat 3 (tiga) program utama yang berkaitan dengan upaya peningkatan pemeringkatan ITB, yaitu program internalisasi proses, peningkatan reputasi universitas, dan peningkatan daya saing," paparnya dilansir dari laman ITB, Minggu (22/11/2020).

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.