Lustrum XII Ikatan Alumni, ITS Gelar Kompetisi Start Up hingga Turnamen Golf

Kompas.com - 25/11/2020, 13:12 WIB
Puncak acara Lustrum XII IKA ITS dilaksanakan secara daring dan luring di Pantai Indah Kapuk, Jakarta pada Sabtu, 21 November 2020. DOK. IKA ITSPuncak acara Lustrum XII IKA ITS dilaksanakan secara daring dan luring di Pantai Indah Kapuk, Jakarta pada Sabtu, 21 November 2020.

KOMPAS.com - Sebagai rangkaian lustrum ikatan alumni (IKA) ke-12, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya ( ITS) menggelar beberapa agenda resmi yakni Innovation Challenge, Business Summit 2020 dan Golf Tournament.

Puncak acara telah dilaksanakan secara daring dan luring di Pantai Indah Kapuk, Jakarta pada Sabtu, 21 November 2020.

“Lewat agenda ini, IKA ITS berusaha mendalami konsep pemrakarsaan dan konsep enterpreneurship yang merupakan gerakan baru dari ekonomi yang diinisiasi oleh alumninya," ungkap Ketua Umum PP IKA ITS, Sutopo Kristianto.

Rektor ITS, Prof. Mohammad Ashari memberikan apresiasi pelaksanaan peringatan Lustrum XII ITS ini. Menurutnya, agenda ini sejalan dengan apa yang telah dilakukan ITS bagi mahasiswanya.

“ITS punya Science Techno Park (STP), yaitu tempat untuk berinovasi sekaligus hilirisasi. Selain itu juga ada inkubator yang bertugas untuk memberikan pembinaan bagi produk yang siap dihilirisasi,” jelas Prof. Ashari.

Baca juga: Mendikbud Minta Universitas Jember Berorientasi Masa Depan

Jadi "lokomotif" Indonesia Timur

Acara lustrum turut dihadiri Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi. Dalam sambutannya Budi berharap acara IKA ITS ini akan mampu melahirkan banyak inovator muda yang sering tidak terduga idenya.

“Saya sebagai Menhub bangga dengan acara ini, di mana IKA ITS dan ITS telah memberikan sarana bagi inovator baru. Dan ternyata, pada event ini banyak sekali temuan dan inovasi yang dilahirkan oleh pemuda Indonesia,” kata Budi.

Lebih jauh, ia juga berharap agar Surabaya sebagai sentra dari Indonesia Timur dapat menjadi lokomotif dan pemimpin bagi kawasan lain di Indonesia Timur seperti Papua, NTB, Maluku dan sebagainya.

Acara "Business Summit 2020" terbagi menjadi dua sesi. Sesi pertama mengusung tema "Pandemi, Kamu Bisa Apa?" menghadirkan beberapa narasumber; Erick Thohir (Menteri BUMN), Emil Elestianto Dardak (Wakil Gubernur Jawa Timur), Sutopo Kristanto (Presiden Direktur PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama Tbk, dan Ketua Umum PP IKA ITS), dan Prof. Mochamad Ashari (Rektor ITS). 

Sesi kedua bertajuk "Mengapa Start Up Menjadi Pilihan?" menghadirkan pembicara utama; Muhammad Fajrin Rasyid (Direktur PT. Telekomunikasi Indonesia), Jacky Mussry (Wakil Presiden Direktur Markplus.inc), Anang Efendy (Enterprise Sales Lead Google), Vensia Tjhin (Chief of Commercial and Omni Channel Bhineka.com) dan dipandu Errika Ferdinata (Founder bildeco.com). 

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X