Kompas.com - 29/11/2020, 08:01 WIB
Ilustrasi anak belajar ShutterstockIlustrasi anak belajar
|

KOMPAS.com - Kesuksesan seseorang ternyata diraih dengan tidak mudah. Salah satu kunci utama kesuksesan yang sering dilupakan ialah karakter.

Apa itu karakter? Melansir laman Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Minggu (29/11/2020) ini penjelasannya.

Karakter adalah nilai-nilai yang unik dalam diri seseorang atau organisasi yang terpatri dalam bentuk sifat, sikap, dan perilaku.

Nilai-nilai kebaikan ini perlu diperkenalkan sejak anak usia dini, dipraktekkan setiap hari sehingga akan menjadi sebuah kebiasaan.

Baca juga: 5 Cara Antisipasi agar Anak Terhindar Masalah

Salah satu tokoh pendidikan Indonesia, Ki Hadjar Dewantara, mengemukakan bahwa pengembangan nilai-nilai karakter didasari oleh 4 hal, yaitu:

  • Olah pikir (kecerdasan)
  • Olah hati (etika)
  • Olah karsa (estetika)
  • Olah raga (fisik motorik)

Orangtua sebagai pendidik pertama dan utama di keluarga berperan penting untuk mengembangkan keempat elemen tersebut secara berimbang pada anak.

Hal ini merupakan upaya mengembangkan potensi kemanusiaan setiap manusia.

Tahap pengembangan karakter anak:

1. Pengenalan

2. Pemahaman

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X