Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tidak Pintar Matematika, Pilih 8 Jurusan Kuliah Ini

Kompas.com - 04/12/2020, 14:07 WIB
Dian Ihsan,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pelajaran matematika biasanya menjadi momok menakutkan bagi anak Sekolah Dasar (SD) sampai tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA). Kebanyakan mereka yang tidak menyukai matematika, karena tidak suka hitung-hitungan.

Bila memang tidak suka matematika, maka kalian jangan memaksakan. Bila dipaksakan, maka kalian akan pusing sendiri.

Baca juga: 7 Jurusan Kuliah Ini Cocok untuk Lulusan SMK

Jadi bila sudah lulus dari bangku SMA, SMK/Sederajat, dan ingin kuliah tidak ketemu lagi dengan matematika, maka kalian bisa memilih beberapa jurusan kuliah yang direkomendasikan demi mudah memperoleh gejar Sarjana atau S1.

Berdasarkan rangkuman Kompas.com pada Jumat (4/12/2020), setidaknya ada 8 jurusan kuliah yang bisa kalian pilih bila tidak ingin bertemu dengan matematika lagi.

Jadi mari simak dengan seksama, apa saja jurusan kuliah yang bisa kalian ambil. Agar, kalian tidak salah langkah dalam memilih.

1. Jurusan Ilmu Komunikasi

Ketika mengenyam pendidikan di Jurusan Ilmu Komunikasi, maka kalian akan mendapat ilmu tentang menulis berita, public speaking, membuat iklan, desain, potografi, hubungan masyarakat (humas), menjadi pembawa acara, dan masih banyak pelajaran seru lainnya yang bisa dapatkan.

Bukan hanya belajar tentang ilmu komunikasi secara menyeluruh saja, kalian di jurusan ini juga akan pandai berkomunikasi dengan banyak orang. Jadi goodbye untuk matematika.

2. Jurusan Ilmu Filsafat

Kalian tidak suka menghitung, bukan berarti tidak suka berpikir. Bila kalian suka berpikir dan kritis, maka Jurusan Ilmu Filsafat yang bisa dipilih.

Di jurusan ini, kalian akan diajak memikirkan kehidupan manusia di dunia, siapa pencipta alam semesta ini, dan berbagai pertanyaan menarik lainnya.

3. Jurusan Sastra

Di Jurusan Sastra, hidup kalian akan indah, karena akan banyak mengenyam ilmu terkait sastra dan bahasa. Kedua ilmu tersebut akan banyak menyerap tentang pendidikan drama, puisi, kisah, dan yang lainnya.

Ada beberapa perguruan tinggi di negeri ini, bila jurusan sastra dan bahasa merupakan satu kesatuan. Di bagian bahasa, kalian akan mempelajari terkait ejaan, gaya bahasa, penulisan, dan tata bahasa.

Baca juga: Mendikbud: Keputusan Belajar Tatap Muka Semester Depan di Tangan Pemda dan Komite Sekolah

Pastinya akan membuat kalian tertarik dan tak akan ketemu hitung-hitungan matematika yang rumit.

4. Jurusan Desain atau Animasi

Wah, Jurusan Desain, baik grafis, komunikasi visual, dan animasi sudah dipilih banyak orang. Jurusan kuliah ini sangat menarik, karena lebih banyak menggambar dibanding menghitungnya.

Apabila kalian ingin belajar desain grafis dengan cakupan lebih luas, maka bisa memilih jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV). Bila ingin memilih jurusan animasi, maka akan fokus pada film atau game 3D. Nantinya, kalian akan menjadi animator hebat.

5. Jurusan Ilmu Sejarah

Pada saat kuliah di Jurusan Ilmu Sejarah, maka kalian akan lebih banyak memperoleh ilmu terkait peristiwa yang sudah lama atau masa lampau. Dari pelajaran itu, maka kalian akan bisa membandingkan terkait keadaan masa lampau dengan masa saat ini.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com