Tidak Pintar Matematika, Pilih 8 Jurusan Kuliah Ini

Kompas.com - 04/12/2020, 14:07 WIB
Ilustrasi Mahasiswa DOK. PIXABAYIlustrasi Mahasiswa
Penulis Dian Ihsan
|

KOMPAS.com - Pelajaran matematika biasanya menjadi momok menakutkan bagi anak Sekolah Dasar (SD) sampai tingkat Sekolah Menengah Atas ( SMA). Kebanyakan mereka yang tidak menyukai matematika, karena tidak suka hitung-hitungan.

Bila memang tidak suka matematika, maka kalian jangan memaksakan. Bila dipaksakan, maka kalian akan pusing sendiri.

Baca juga: 7 Jurusan Kuliah Ini Cocok untuk Lulusan SMK

Jadi bila sudah lulus dari bangku SMA, SMK/Sederajat, dan ingin kuliah tidak ketemu lagi dengan matematika, maka kalian bisa memilih beberapa jurusan kuliah yang direkomendasikan demi mudah memperoleh gejar Sarjana atau S1.

Berdasarkan rangkuman Kompas.com pada Jumat (4/12/2020), setidaknya ada 8 jurusan kuliah yang bisa kalian pilih bila tidak ingin bertemu dengan matematika lagi.

Jadi mari simak dengan seksama, apa saja jurusan kuliah yang bisa kalian ambil. Agar, kalian tidak salah langkah dalam memilih.

1. Jurusan Ilmu Komunikasi

Ketika mengenyam pendidikan di Jurusan Ilmu Komunikasi, maka kalian akan mendapat ilmu tentang menulis berita, public speaking, membuat iklan, desain, potografi, hubungan masyarakat (humas), menjadi pembawa acara, dan masih banyak pelajaran seru lainnya yang bisa dapatkan.

Bukan hanya belajar tentang ilmu komunikasi secara menyeluruh saja, kalian di jurusan ini juga akan pandai berkomunikasi dengan banyak orang. Jadi goodbye untuk matematika.

2. Jurusan Ilmu Filsafat

Kalian tidak suka menghitung, bukan berarti tidak suka berpikir. Bila kalian suka berpikir dan kritis, maka Jurusan Ilmu Filsafat yang bisa dipilih.

Di jurusan ini, kalian akan diajak memikirkan kehidupan manusia di dunia, siapa pencipta alam semesta ini, dan berbagai pertanyaan menarik lainnya.

3. Jurusan Sastra

Di Jurusan Sastra, hidup kalian akan indah, karena akan banyak mengenyam ilmu terkait sastra dan bahasa. Kedua ilmu tersebut akan banyak menyerap tentang pendidikan drama, puisi, kisah, dan yang lainnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X