Kompas.com - 07/12/2020, 14:41 WIB
Ilustrasi mahasiswa SHUTTERSTOCKIlustrasi mahasiswa

KOMPAS.com - Pusat Prestasi Nasional (Pupsresnas) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk pertama kalinya menyelenggarakan Kompetisi Inovasi Bisnis Mahasiswa (KIBM).

KIBM merupakan bagian dari program Kampus Merdeka, ajang yang diselenggarakan untuk mengembangkan dan menumbuhkan jiwa serta kemampuan berwirausaha mahasiswa Indonesia.

Panitia Kompetisi Inovasi Bisnis Mahasiswa (KIBM) 2020 menerima 1.141 proposal untuk tiga bidang yaitu bidang akademik (universitas, institut, dan sekolah tinggi), bidang vokasi (politeknik), serta bidang disabilitas.

Baca juga: 30 Kampus Terbaik Indonesia Versi “QS Asia University Rankings 2021”

Berdasarkan hasil evaluasi oleh tim juri, terdapat 272 proposal yang lulus seleksi dan menerima bantuan pendanaan sebagai stimulus dalam pengembangan bisnis senilai Rp 5.000.000 sampai dengan Rp 15.000.000 untuk setiap usulan yang lolos seleksi.

Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Wikan Sakarinto mengatakan, kompetisi ini merupakan awal yang baik bagi mahasiswa untuk mengembangkan ide kreatifnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kami mengucapkan selamat kepada para finalis yang telah lulus ke Babak Final KIBM 2020, baik dari bidang akademik, vokasi dan disablitas. Kami beranggapan bahwa seluruh finalis adalah juara untuk kompetisi ini dan anda adalah calaon-calon juara hebat untuk Indonesia masa depan," kata Wikan Sakarinto pada sambutan penutupan KIBM, seperti dilasir dari laman Kemendikbud.

Baca juga: 4 Pilihan Jurusan untuk Kamu yang Gemar Main Game

Berawal dari sebuah ajang kompetisi, kata dia, ke depannya para mahasiswa diharapkan dapat menjadi wirausaha sejati dan kuat sehingga menjadi pemimpin untuk Indonesia di masa depan.

Wikan berharap para peserta KIBM 2020 ini mampu menciptakan ide-ide bisnis yang mampu mengundang investor besar dari dalam dan luar negeri. Menurut Wikan, para investor sudah menunggu ide-ide yang fresh dan futuristik.

“Dana itu besar. Saya pastikan dana yang terparkir dari investor-investor itu sangat besar dan mereka kalau sudah percaya kepada sebuah ide dan pemilik ide itu, mereka akan jauh lebih confident untuk mengalirkan dana mereka pada start up seperti ini," imbuhnya.

Baca juga: Kampus Swasta Terbaik Indonesia Versi “QS Asia University Rankings 2021”

KIBM 2020 merupakan salah satu agenda lomba kemahasiswaan tingkat nasional untuk mencapai tujuan membangun semangat kewirausahaan dengan memperkuat jejaring antara akademisi, bisnis dan pemerintah.

Di tengah pandemi Covid-19, KIBM 2020 digelar secara dalam jaringan (daring).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.