Kendala Teknis UAS Hari Pertama, Rektor UT Pastikan Tidak Akan Rugikan Mahasiswa

Kompas.com - 10/12/2020, 16:12 WIB

KOMPAS.com- Pelaksanaan Ujian Akhir Semester (UAS) 2020 di Universitas Terbuka (UT) sempat mengalami kendala teknis dan jaringan pada hari pertama, Sabtu (5 Desember 2020) lalu.

Menanggapi hal tersebut, melalui rilis resmi (10/12/2020) Rektor UT Prof. Ojat Darojat memastikan hal tersebut telah dapat diatasi dan tidak akan merugikan mahasiswa UT yang harus menjalani model baru layanan ujian online yaitu, Take Home Exam.

"Tim khusus yang dibentuk pihak UT segera bertindak cepat dengan melakukan berbagai pembenahan sebagai bukti keseriusan pihak UT agar ujian berjalan lancar dan tidak merugikan hak-hak mahasiswa," ungkap Prof. Ojat.

Hal ini dibuktikan, tambahnya, pelaksanaan UAS online pada hari berikutnya, Selasa, 8 Desember 2020, dapat berjalan dengan baik dan normal seperti biasanya.

Ia menyampaikan setidaknya sekitar 159.000 mahasiswa mengikuti UAS dengan skema THE yang tersebar di 34 Provinsi di Indonesia dan sebagian lagi tersebar di 90 negara lainnya.

"Monitoring Integrated System yang kami miliki mampu memantau dengan baik lalu lintas data, titik persebaran peserta ujian, serta mengoptimalkan pertahanan terhadap serangan cyber yang dilakukan oleh pihak luar," jelas Rektor UT.

Baca juga: Mahasiswa Jadi Agen Penggerak Ekonomi Pascapandemi Covid-19

Optimalkan ujian online

Lebih jauh Prof. Ojat mengatakan kelancaran pelaksanaan UAS online pada hari Selasa 8 Desember 2020 tersebut diharapkan dapat menepis keraguan banyak pihak tentang kesiapan UT dalam tata kelola pelaksanaan UAS online yang diikuti mahasiswa dalam jumlah masif.

"Seperti diketahui, total jumlah mahasiswa UT yang mengikuti UAS semester 2020/2021 dari tanggal 5-18 Desember 2020 sebanyak 312.236 mahasiswa dengan total peserta ujian untuk seluruh mata kuliah sebesar 1.717.614," terang Rektor UT.

Sebelumnya Prof. Ojat juga menjelaskan UAS di UT merupakan bagian dari evaluasi hasil belajar mahasiswa.

Penyelenggaraan UAS pada kondisi normal sebelum ada pandemi Covid-19 dilakukan dengan beragam modus secara tatap muka dan online dengan mempertimbangkan kondisi dan kapasitas ataupun pilihan mahasiswa sendiri.

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.