Kompas.com - 14/12/2020, 19:22 WIB
ilustrasi pengusaha Thinkstock.comilustrasi pengusaha
Penulis Dian Ihsan
|

KOMPAS.com - Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto mengajak wisudawan Universitas Jember jadi pengusaha. Pasalnya, kemajuan sebuah bangsa salah satunya ditunjukkan dengan banyaknya jumlah pengusaha yang dimilikinya.

Ajakan ini disampaikan oleh Agus Suparmanto kala memberikan orasi wisuda secara daring dalam upacara wisuda periode VI tahun akademik 2019/2020 yang digelar secara daring berpusat di Auditorium Universitas Jember, pada Sabtu (12/12/2020). Wisuda kali ini diikuti oleh 898 wisudawan dari jenjang diploma, sarjana dan pascasarjana.

Baca juga: Mendikbud Minta Universitas Jember Berorientasi Masa Depan

Menurut dia, saat ini Indonesia hanya memiliki jumlah pengusaha sebanyak 2 persen dari total penduduknya. Bandingkan dengan negara tetangga Malaysia yang jumlah pengusahanya sudah mencapai 6 persen dan Singapura yang hampir menapaki dua digit dari total penduduknya.

"Sementara negara maju seperti Amerika Serikat memiliki jumlah pengusaha yang mencapai 12 persen dari total penduduknya, bahkan jumlah pengusaha di Jepang mencapai 20 persen dari total penduduknya," ungkap dia melansir laman Universitas Jember, Senin (14/12/2020).

Dia menyatakan, ada pendapat yang mengatakan jika sebuah negara ingin maju, maka jumlah pengusaha yang dimiliki paling tidak mencapai 14 persen dari jumlah total penduduknya.

Oleh karena itu, Kementerian Perdagangan (Kemendag) terus mendorong agar anak muda mau jadi pengusaha, salah satu caranya dengan program seribu pengusaha muda yang berbasis e-commerce.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Untuk mewujudkan program ini Kementerian Perdagangan menggandeng perguruan tinggi termasuk Universitas Jember. Kerjasama diwujudkan dalam pengembangan kurikulum kewirausahaan, pelatihan wirausaha hingga bantuan permodalan," ucap Agus.

Ekonomi jadi minus akibat Covid-19

Senada dengan Mendag Agus, Rektor Universitas Jember Iwan Taruna juga memberikan wawasan dan semangat bagi alumni Universitas Jember agar mau mencoba berwirausaha.

"Dari data yang ada, karena pandemi Covid-19 maka pertumbuhan ekonomi menjadi minus, akibatnya banyak perusahaan yang untuk sementara waktu tidak menerima karyawan baru. Menghadapi kondisi ini, maka pilihan mencoba berwirausaha menjadi alternatif yang bisa dipilih," ucap Iwan.

Iwan kembali menegaskan, jika pilihan wisuda secara daring atau online dipilih oleh Universitas Jember setelah mempertimbangkan banyak hal dan masukan, termasuk kondisi Jember yang masih berstatus daerah zona merah penyebaran Covid-19.

Baca juga: Simak 5 Manfaat Kuliah Sambil Kerja

Halaman:


25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X