Kompas.com - 13/12/2020, 19:47 WIB
Ilustrasi mahasiswa yang sedang belajar. ShutterstockIlustrasi mahasiswa yang sedang belajar.
Penulis Dian Ihsan
|

KOMPAS.com - Bagi lulusan SMA dan SMK yang ingin melanjutkan dunia pendidikan di bangku kuliah, pastinya akan memilih jurusan kuliah yang terbaik.

Biasanya, sebelum memilih jurusan kuliah, kalian akan dilema dengan banyak pilihan. Paling tidak, ketika memilih kalian harus mengenal diri kalian sendiri, yakni seperti minat dan bakat yang dimiliki.

Baca juga: 5 Jurusan Kuliah Kekinian untuk Kalangan Milenial

Tapi ingat, ada jurusan kuliah yang sulit untuk kalian dapatkan. Begitu juga bila sudah masuk, kalian juga susah akan lulus dari jurusan tersebut.

Berdasarkan rangkuman Kompas.com, Minggu (13/12/2020), menyebutkan bahwa setidaknya ada 6 jurusan kuliah yang sulit masuk dan lulus bagi calon mahasiswa.

Mari simak 6 jurusan kuliah yang sulit masuk dan lulus, seperti di bawah ini:

1. Jurusan Farmasi

Tak hanya di Indonesia, Jurusan Farmasi juga menjadi salah satu jurusan paling sulit di dunia. Bagaimana tidak, jurusan ini banyak mengenyam ilmu terkait anatomi tubuh, Matematika, Kimia, Fisika, Biologi sel, tumbuhan obat, hingga kosmetik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di tahun 2014, Ditjen Dikti telah mengakui, bahwa jurusan Farmasi adalah jurusan di perguruan tinggi peminat paling terbanyak ke-5 di Indonesia. Bahkan dua tahun belakangan, jurusan ini masuk dalam 10 jurusan kuliah yang paling sulit dimasuki.

2. Jurusan Statistika

Jurusan Statistika adalah cabang dari ilmu matematika yang banyak berkutat pada dunia hitung dan pengumpulan data. Adapun istilah statistika datang dari Bahasa Inggris, yakni Statistic yang memiliki arti mengumpulkan dan menganalisa data dalam bentuk bilangan dan kuantitas yang sangat besar.

Jurusan ini menjadi bagian dari 10 jurusan kuliah yang sulit untuk dijalankan di dunia kuliah, karena ilmunya kebanyakan mengarah ke merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, dan membuat interpretasi data, agar nantinya bisa digunakan dalam membuat perencanaan.

Jadi, ilmu jurusan ini penting, jadi jangan heran bila sangat banyak calon mahasiswa yang berebut masuk di jurusan Statistika.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.