Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Jurusan Kuliah Sulit Masuk dan Lulus, Ada Pilihanmu?

Kompas.com - 13/12/2020, 19:47 WIB
Dian Ihsan,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bagi lulusan SMA dan SMK yang ingin melanjutkan dunia pendidikan di bangku kuliah, pastinya akan memilih jurusan kuliah yang terbaik.

Biasanya, sebelum memilih jurusan kuliah, kalian akan dilema dengan banyak pilihan. Paling tidak, ketika memilih kalian harus mengenal diri kalian sendiri, yakni seperti minat dan bakat yang dimiliki.

Baca juga: 5 Jurusan Kuliah Kekinian untuk Kalangan Milenial

Tapi ingat, ada jurusan kuliah yang sulit untuk kalian dapatkan. Begitu juga bila sudah masuk, kalian juga susah akan lulus dari jurusan tersebut.

Berdasarkan rangkuman Kompas.com, Minggu (13/12/2020), menyebutkan bahwa setidaknya ada 6 jurusan kuliah yang sulit masuk dan lulus bagi calon mahasiswa.

Mari simak 6 jurusan kuliah yang sulit masuk dan lulus, seperti di bawah ini:

1. Jurusan Farmasi

Tak hanya di Indonesia, Jurusan Farmasi juga menjadi salah satu jurusan paling sulit di dunia. Bagaimana tidak, jurusan ini banyak mengenyam ilmu terkait anatomi tubuh, Matematika, Kimia, Fisika, Biologi sel, tumbuhan obat, hingga kosmetik.

Di tahun 2014, Ditjen Dikti telah mengakui, bahwa jurusan Farmasi adalah jurusan di perguruan tinggi peminat paling terbanyak ke-5 di Indonesia. Bahkan dua tahun belakangan, jurusan ini masuk dalam 10 jurusan kuliah yang paling sulit dimasuki.

2. Jurusan Statistika

Jurusan Statistika adalah cabang dari ilmu matematika yang banyak berkutat pada dunia hitung dan pengumpulan data. Adapun istilah statistika datang dari Bahasa Inggris, yakni Statistic yang memiliki arti mengumpulkan dan menganalisa data dalam bentuk bilangan dan kuantitas yang sangat besar.

Jurusan ini menjadi bagian dari 10 jurusan kuliah yang sulit untuk dijalankan di dunia kuliah, karena ilmunya kebanyakan mengarah ke merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, dan membuat interpretasi data, agar nantinya bisa digunakan dalam membuat perencanaan.

Jadi, ilmu jurusan ini penting, jadi jangan heran bila sangat banyak calon mahasiswa yang berebut masuk di jurusan Statistika.

3. Jurusan Teknik Sipil

Di perguruan tinggi, Jurusan Teknik Sipil menjadi incaran banyak orang. Selain itu, jurusan ini juga terbilang yang tersulit, karena begitu luasnya ilmu yang diajarkan di jurusan ini, seperti Matematika, Biologi, Fisika, Ilmu Lingkungan, Geologi sampai Ilmu Komputer.

Baca juga: Tidak Pintar Matematika, Pilih 8 Jurusan Kuliah Ini

Kebanyakan, mahasiswa di jurusan ini belajar untuk merancang, membangun, maupun merenovasi infrastruktur dan gedung yang sesuai dengan pergerakan dan kebutuhan manusia. Namun, tidak mengabaikan keadaan lingkungan setempat.

4. Jurusan Kedokteran

Ilmu di Jurusan Kedokteran paling sulit dijalankan, karena banyak belajar tentang biokimia, fisologi, anatomi, farmakologi, patologi, hingga psikiatri.

Di jurusan ini juga banyak belajar tentang sistem, ragam penyakit, hingga pengobatan penyakit pada tubuh manusia. Selain diagnosis medis, ada aspek sosial, budaya, hingga psikis yang terlibat dalam pengobatan.

Salah satu bukti Jurusan Kedokteran paling sulit, yakni pada SBMPTN 2020. Di saat itu, Kedokteran UGM paling banyak menghasilkan skor UTBK tertinggi di Indonesia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com