Kompas.com - 15/12/2020, 20:29 WIB
Penulis Dian Ihsan
|

 

KOMPAS.com - Universitas Negeri Semarang (Unnes) membidik perubahan status dari Badan Layanan Umum (BLU) menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN BH) di 2022.

"Kami menargetkan, kalau Unnes bisa berubah status dari BLU menjadi PTN BH di 2022," ungkap Rektor Unnes Fathur Rokhman, melansir laman Unnes, Selasa (15/12/2020).

Baca juga: Ketua MPR Dorong Unnes Jadi Kampus Berstatus PTN BH

Dia mengatakan, kesiapan Unnes menjadi PTN BH tekah dipersiapkan dengan matang, lewat berbagai lompatan dan akselerasi yang telah dilakukan.

Apalagi, bilang dia, Mendikbud Nadiem Makarim juga mendorong kampus-kampus untuk akselerasi menjadi PTN BH.

"Maka dari itu terima kasih dan kami mohon untuk Tim Direktorat Kelembagaan Kemendikbud untuk mendampingi Unnes menuju PTN BH," jelas dia.

Selain itu, lanjut dia, Unnes terus berusaha melakukan pengembangan integritas dan akademis dalam upaya akselerasi kapasitas Tri Dharma Perguruan Tinggi.

"Unnes terus bersama melakukan kapasitas pengembangan integritas dan akademis," ujarnya.

Menurutnya, Unnes bergerak dalam dua arah, yakni research university dan teaching university, agar bisa mengembangkan Tri Dharma yang akhirnya bisa mewujudkan Indonesia Maju.

"Maka dari itu, kita akan mendengar arahan dan pendampingan dari Tim Direktorat Kelembagaan Kemendikbud untuk menuju PTN BH," tegas Fathur.

Siapkan dokumen PTN BH

Ketua tim akselerasi PTN BH Unnes Mungin Eddy Wibowo menyampaikan tim PTN BH Unnes telah bekerja dengan keras dalam mempersiapkan dokumen PTN BH.

"Terima kasih kepada tim yang sudah bekerja keras, tetap jaga kesehatan dan bersama menatap masa depan Unnes menuju PTN BH," kata Mungin.

Ketua Tim Pendamping Unnes PTN BH Direktorat Kelembagaan Kemendikbud Ani Nurdiani Azizah menambahkan, dirinya memberi pengarahan kepada Unnes untuk menuju PTN BH.

Baca juga: Unnes Peringkat 5 Lulusan Terbanyak yang Lolos Seleksi CPNS 2019

"Untuk menjadi PTN BH, perlu penguatan pada tiga poin, yakni Peningkatan Mutu Tri Dharma Perguruan Tinggi, Good Government, dan Kelayakan Finansial," pungkas dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.