Kompas.com - 17/12/2020, 11:40 WIB
Penulis Dian Ihsan
|

KOMPAS.com - Banyak anak-anak atau siswa di sekolah yang tidak pandai menguasai pelajaran Matematika. Bahkan mereka begitu takut dan enggan menguasai Matematika.

Edukator dan Fisikawan Indonesia, Yohanes Surya mengatakan, siswa yang takut akan pelajaran matematika, karena mereka tidak mengetahui rahasia matematika.

Baca juga: Tidak Pintar Matematika, Pilih 8 Jurusan Kuliah Ini

"Jadi ketika kami latih anak-anak di Indonesia Timur, banyak anak-anak yang datang, waktu kami latih, mereka takut sekali terhadap Matematika. Mereka tidak mengetahui rahasia Matematika," ungkap Yohanes melansir laman Ditjen GTK Kemendikbud, Kamis (17/12/2020).

Adapun rahasianya, kata Yohanes, bila siswa mampu berhitung kuat, maka bisa menguasai pelajaran Matematika.

Ada 7 macam berhitung

Menurut Yohanes ada 7 macam berhitung, sebagai berikut:

  • Penjumlahan
  • Perkalian
  • Pengurangan
  • Pembagian
  • Bilangan Bulat
  • Pecahan
  • Desimal

Dia menyebutkan, jika memahami 7 macam berhitung ini, maka siswa-siswa di sekolah dijamin akan hebat dalam bidang Matematika, Fisika, dan Sains.

"Tujuh topik ini, menjadi dasar yang sangat kuat sekali. Begitu anak menguasai berhitung, dampaknya luar biasa sekali," ucap pria yang merupakan pendiri Asian Physics Olympiad (APhO).

Ajarkan guru di 250 kabupaten

Yohanes telah melatih guru pelajaran Matematika di lebih dari 250 kabupaten di Indonesia. Adapun materi berhitung yang diajarkan oleh dirinya secara intensif, agar dapat menjadi langkah menuju sumber daya manusia (SDM) Indonesia yang unggul.

"Saya mengajar intensif anak-anak dari beberapa daerah," tutur dia.

Untuk mengajar penjumlahan di pelajaran Matematika, lanjut dia, memakan waktu selama tiga hari. Sedangkan perkalian, setidaknya membutuhkan waktu sampai dua minggu.

Baca juga: 7 Alasan Mengapa Siswa Perlu Pahami Matematika Dasar

"Ini dilakukan (mengajar Matematika), agar kita bisa membuat Indonesia hebat," tegas Yohanes.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.