Kompas.com - 28/12/2020, 05:02 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
|

KOMPAS.com - Ketika masih kecil, anak suka bermain. Ini karena dunia anak adalah bermain. Melalui bermain anak mengekspresikan minat dan kemampuannya, baik kemampuan afektif, kognitif, maupun motorik.

Dengan bermain, anak dapat mengasah imajinasinya sehingga nantinya akan menjadi pribadi yang kreatif. Untuk itu dibutuhkan dorongan agar anak mau bermain.

Namun ketika usia tiga tahun, anak mengalami perkembangan otak, di mana pada anak usia dini memori anak menyimpan banyak rekaman setiap pengalaman pribadinya. Pada usia ini anak sudah dapat diberi pemahaman dan pengetahuan.

Metode penyampaian materi pemahaman dan pengetahuan itu harus menyenangkan, sehingga anak akan menikmati proses belajar, menyukai proses belajar dan akhirnya akan terus belajar sepanjang hayatnya.

Baca juga: Liburan di Rumah, Yuk Ciptakan Pembelajaran Menarik bagi Anak

Hal yang harus dilakukan orang tua adalah melakukan pendampingan kepada anak. Di sela-sela kesibukan orang tua, terutama ibu, harus mendampingi atau menemani anak bermain minimal 1-2 jam dalam sehari.

Dalam arti benar-benar bermain dengan anak, bukan hanya menemani anak bermain, sementara orang tuanya sibuk dengan pekerjaan yang lain, atau sibuk dengan HP, atau menonton televisi. Orang tua harus benar-benar masuk dalam dunia anak, sambil memahami pikiran anak.

Melansir laman Sahabat Keluarga Kemendikbud, Minggu (27/12/2020), berikut ini 8 contoh bermain bermakna bersama anak:

1. Bermain peran bersama anak

Bermain peran baik dengan menggunakan media permainan atau tanpa media permainan. Contoh bermain peran, misalnya: bermain masak-masakan, anak berperan sebagai koki dan orang tua sebagai pembeli makanan.

Atau, bermain mobil-mobilan, anak berperan sebagai sopir dan orang tua sebagai polisi. Atau, bermain dokter-dokteran, anak berperan sebagai dokter dan orang tua sebagai pasien.

Manfaat bermain peran adalah dapat menstimulasi daya imajinasi anak. Daya imajinasi penting bagi anak untuk menjadi kreatif, baik dalam berpikir maupun bertindak.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X