Kompas.com - 12/01/2021, 12:22 WIB
Uskup dan Unit Kerja Presiden bidang Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP PIP) berfoto bersama di depan Garuda Pancasila Gereja Katedral Kompas.com/YOGA SUKMANAUskup dan Unit Kerja Presiden bidang Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP PIP) berfoto bersama di depan Garuda Pancasila Gereja Katedral
|

KOMPAS.com - Bagi siswa sekolah, terutama siswa SMP/MTs pasti ada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PKN).

Ketika belajar tentang bangsa Indonesia, ada yang hal yang dipelajari. Salah satunya ialah semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

Semboyan ini tentu tertulis di lambang negara Indonesia yakni Garuda Pancasila. Apa arti bhinneka tunggal ika? Apa makna yang terkandung di dalamnya?

Merangkum laman Guru Berbagi Kemendikbud, Selasa (12/1/2021), berikut ini informasi yang bisa dipelajari bagi siswa SMP.

Masyarakat Indonesia diwarnai oleh berbagai macam perbedaan sebagai akibat dari kondisi kewilayahan, suku bangsa, budaya, agama dan adat istiadat.

Baca juga: Apa Itu Matahari dan Apa Saja Manfaatnya? Siswa, Yuk Belajar

Perbedaan dalam masyarakat keberagaman Indonesia yang dapat dirangkai dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Arti Bhinneka Tunggal Ika

Semboyan Bhinneka Tunggal Ika tertulis pada lambang negara Indonesia yaitu Garuda Pancasila. Semboyan Bhineka Tunggal Ika berarti berbeda-beda tetap satu.

Makna Bhineka Tunggal Ika adalah meskipun berbeda-beda tetapi pada hakikatnya bangsa Indonesia tetap satu kesatuan.

Semboyan ini menggambarkan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia yang memiliki keberagman suku bangsa, budaya, bahasa daerah, agama dan kepercayaan ras maupun merawat Bhinneka Tunggal Ika.

1. Keberagaman

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.